(62-21) 4303111

News Article

Image

Band Betawi Meriahkan Gelar Produk Kreatif IKM Jakarta Utara

KOMINFOTIK JU - Hari kedua pelaksanaan gelar produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kreatif Jakarta Utara dimeriahkan penampilan grup band yang membawakan lagu-lagu betawi dengan gaya kontemporer. Menariknya, sejumlah punggawa "Karbit Band" merupakan jurnalis yang aktif bertugas di Jakarta Utara.

Sang vokalis, Nurmansyah mengatakan, band yang dibentuk sejak sekitar dua tahun lalu ini sengaja membawa genre kontemporer dengan mengusung tema betawi. Ia membentuk band tersebut bersama lima rekan lainnya.

"Tadi kita bawakan lagu Benyamis seperti Nangke Lande, Nonton Koboy, Hujan Gerimis, Markonah, dan Juki. Selain itu kita juga bawakan satu lagu ciptaan sendiri berjudul Cembetut," kata Nurmansyah, saat ditemui di Halaman Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (12/11).

Pria berprofesi sebagai kontributor TVRI di Jakarta Utara itu menjelaskan band yang ditampilkannya selain menyalurkan ekspresi seni, juga dalam rangka menjaga kelestarian budaya betawi melalui kesenian kontemporer. Karena itu, Ia berharap pesan melestarikan budaya betawi yang disuarakan band nya bisa menyentuh dan memotivasi generasi milenial agar peduli serta berpartisipasi.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, Rus Suharto menjelaskan, pihaknya sengaja menghadirkan band kontemporer tradisi betawi di panggung Gelar Produk Kreatif IKM Jakarta Utara agar memotivasi kreatifitas generasi muda dengan turut melestarikan budaya betawi.

"Band ini menjadi bukti bahwa tradisi betawi bisa diaplikasikan secara kontemporer sesuai dengan selera generasi muda," tutupnya.