(62-21) 4303111

News Article

Image

Usung Tema Under The Sea, Jakut Perangi Pemanasan Global Di Flona 2019

Kominfotik JU - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara menampilkan sesuatu yang berbeda dalam Festival Flona 2019. Didaulat Kota Pesisir di Jakarta, "Under The Sea" diangkat menjadi tema utama, dimana trumbu karang menjadi ikon utamanya.

Walikota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko mengatakan jika terumbu karang mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan manusia dan lingkungan. "Bukan sekedar menjadi tempat hidup dan berkembang biota laut, tapi juga mempunyai fungsi dan peran bagi lingkungan secara keseluruhan, baik di laut dan di darat," katanya di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, Jumat (6/9) malam.

Untuk di laut, Sigit menerangkan terumbu karang menjadi penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya seperti tempat tinggal, tempat mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai biota laut. "Untuk yang di darat, mereka mampu melindungi pantai dan daerah pesisir, karena terumbu karang mampu memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan," terangnya.

Dan yang terpenting dari itu semua, Sigit mengatakan jika terumbu Karang berfungsi sama dengan hutan di daratan pada umumnya. "Sama seperti hutan yang menyerap gas CO2, terumbu katang juga melakukan hal yang sama. Terumbu karang mampu mengurangi pemanasan global," tuturnya.

Buat warga Jakarta Utara yang pemasaran seperti apa konsep yang diusung Pemkot Jakarta Utara, bisa datang langsung ke Festival Flona di Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Di sana nanti pengunjung akan dibawa ke dalam kehidupan bawah laut dengan kuda laut, ikan nemo dan ubur ubur yang berenang memenuhi setiap sudut ruangan untuk dibagikan ke sosial medianya.