(62-21) 4303111

News Article

Image

Tim Saber Pungli Persiapkan Sidak Ke Kantor Pelayanan Publik Di Jakut

Kominfotik JU - Pemerintah Kota Pemkot Administrasi Jakarta Utara menggelar evaluasi kegiatan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Posko Saber Pungli Lantai Dasar Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (12/9). Selain evaluasi kegiatan Bulan Agustus 2019, acara ini juga untuk menentukan kegiatan di Bulan September 2019.

Inspektorat Walikota Jakut Andrian Sutedi mengatakan sangat berterimakasih atas dukungannya seluruh anggota Saber Pungli Jakarta Utara. "Untuk menciptakan Jakarta Utara daerah yang bersih bebas dari Pungutan Liar (Pungli)," katanya.

Dan yang kadang luput dari penglihatan Tim Saber Pungli saat ini adalah banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan. "Jakarta Utara itu bisa dikatakan pintu gerbang, dan aktivitas kendaraan di Wilayah Jakarta Utara pun cukup padat. Yang perlu diperhatikan keadaan tersebut mengakibatkan menimbulkan permasalahan baik kemacetan maupun aksi pungli oleh para oknum," katanya.

Menurut Sutedi, yang harus dilakukan untuk meminimalisir ketakutan (adanya Pungli) Kita adalah segera mengurai kondisi tersebut. "Selain menciptakan situasi yang lebih baik di Wilayah Jakarta Utara juga mencegah adanya hal negatif yang Kita pikirkan saat ini (adanya Pungli)," terangnya.

Sementara Wakasat Reskrim Polres Jakarta Utara Kompol H.Pujiarto, SH, MH juga menambahkan jika Tim Saber Pungli harus mengambil cara mengatasi keberadaan oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diwilayahnya. "Kadang mereka melakukan penekanan atau pemaksaan. Dan korbannya pun sudah banyak yang melaporkan ke kantornya. Seandainya dapat melakukan penangkapan tangan, kami mohon dapat berkoordinasi agar kami dapat melakukan penindakan," katanya.

Menurut rencana, dalam waktu dekat Tim Saber Pungli Jakarta Utara akan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada pelayanan publik yang ada di Wilayah Jakarta Utara baik yang berada di tingkat Walikota, Kecamatan, maupun Kelurahan.