(62-21) 4303111

News Article

Image

Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari Jadi Percontohan Internasional

KOMINFOTIK JU – Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara menjadi percontohan dunia internasional. Hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan lembaga perwakilan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) yakni United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) yang melihat langsung aktifitas pemberdayaan klien pasca rehabilitasi..

Country Manager and Liaison to ASEAN UNODC, Collie F Brown mengungkapkan ketertarikannya terhadap aktifitas pemberdayaan di Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari. Lokasi ini menggambarkan pelayanan dasar yang dijalankan komunitas masyarakat, yang tentunya dengan menghasilkan sebuah karya bermanfaat.

“Saya sangat tertarik dengan apa yang saya lihat di sini. Kita juga bisa berbagi dengan negara lain. Kita berpartisipasi di kegiatan internasional yang ada di seluruh dunia. Kita bekerjasama dengan publik sepanjang waktu dan ini adalah pelajaran berharga,” kata Collie, saat ditemui di Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (5/9).

Sementara Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara AKBP Yuanita Amelia Sari menerangkan, kunjungan lembaga UNODC ke lokasi ini merupakan bentuk pendalaman penelitian terhadap metode baru terkait pencegahan Narkotika dengan mengedepankan peran keluarga. Apalagi kehadiran Rumah Kreatif dan Inovasi ini perlahan mampu menghilangkan stigma negatif terhadap Narkotika di Kampung Bahari.

“Jadi setelah mereka melihat sendiri kenyataan lapangan bagaimana sinerginya antara Pemerintah Kota, BNNK, kemudian dunia swasta dan masyarakat untuk sama-sama mencegah narkoba, maka ke depannya mereka akan memiliki program khusus di sini. Dan tentunya kita tunggu program mereka nanti seperti apa,” jelasnya.

Sementara Manager Administrasi PT Indonesia Power UPJP Tanjung Priok Taufik Rahman menambahkan, Rumah Kreatif dan Inovasi yang disajikannya ini merupakan suatu wadah kreatifitas bagi klien pasca rehabilitasi untuk dapat mengembangkan diri. Sehingga ke depannya dapat menekan, mengurangi aktivitas negatif di Kampung Muara Bahari. 

Berbagai kegiatan di Rumah Kreatif dan Inovasi Kampung Bahari antara lain daur ulang kertas dan kerajinan tangan, pengembangan reparasi sepeda dan Usaha Kecil Mikro (UKM) warga. Serta kegiatan sosial seperti pengajian, marawis, dan les bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak Kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD).

“Harapan kami tentunya melalui program CSR (corporate social respondsbility) ini, Rumah Kreatif dan Inovasi ini dapat menjadi wadah untuk para klien pasca rehab dan warga saling bersinergi dan melakukan berbagai macam kegiatan produktif,” tutupnya.