(62-21) 4303111

News Article

Image

Puluhan Pelopor Lingkungan Ikuti Pelatihan Pengolahan Sampah

KOMINFOTIK JU - Puluhan pelopor lingkungan dari 4 RW percontohan di wilayah Jakarta Utara mengikuti pelatihan pengolahan sampah di Ruang Fatahillah, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (9/9). Mengurangi sampah dari sumbernya dan prinsip hidup minim sampah sebagai materi utama yang disampaikan narasumber dari Lab Tanya dengan programnya Kota Tanpa Sampah.

"Yang hadir disini adalah para pelopor lingkungan dari 4 RW percontohan yaitu RW 01 Sunter Jaya, RW 01 Rorotan, RW 03 Kelapa Gading Timur dan RW 05 Rawa Badak Selatan. Empat RW itu termasuk lokasi unggulan dari Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional," jelas Yudi Sumarsono, Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penaatan Hukum, Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Untuk mengurangi jumlah sampah diperlukan peran aktif dari semua unsur termasuk masyarakat karena hampir 60% sampah itu berasal dari rumah tangga. "Kita harap para pelopor lingkungan ini bisa menyampaikan lagi informasi yang didapatkan hari ini ke warga lainnya," tuturnya.

Kesadaran masyarakat untuk ikut bergerak mengurangi sampah dari sumbernya harus terus ditingkatkan. "Semua memiliki tanggung jawab yang sama dalam upaya mengurangi sampah. Kalau semuanya peduli dan mau bergerak maka program Kota Tanpa Sampah bisa terwujud," ujar Rully, Ketua RW 01 Rorotan.