(62-21) 4303111

News Article

Image

PICF 2019 Tampilkan 152 Tim Paduan Suara Dari 5 Negara

KOMINFOTIK JU - Penabur International Choir Festival (PICF) sebagai event bergengsi yang menampilkan kualitas tim paduan suara dalam memadukan nada dan suara. Sebanyak 152 tim paduan suara dari 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Jepang dan Vietnam berkompetisi untuk menjadi yang terbaik pada PICF 2019.

"Saya salut dan bangga dengan PICF 2019 karena dapat menciptakan harmonisasi nada dan suara sehingga menjadi pertunjukan yang luar biasa. Prestasi itu bisa diraih dengan komitmen, kerja keras dan ikhlas dari semua. Event ini sebagai wadah untuk mengembangkan generasi muda yang mempunyai komitmen dan integritas yang tinggi di bidang seni musik," ujar Sigit Wijatmoko, Wali Kota Jakarta Utara ketika menghadiri acara penutupan PICF 2019 di SPK Penabur Kelapa Gading, Sabtu (7/9).

Dengan mengangkat tema tanamkan harmonisasi bangsa. Ia berharap PICF yang digelar setiap 2 tahun sekali itu bisa menanamkan cinta kepada bangsa melalui kesenian. "Sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami bisa hadir disini menyaksikan secara langsung penampilan para peserta PICF yang sangat menarik dan berkualitas," ungkapnya.

Sedangkan PICF berlangsung sejak 3-7 September 2019 dan terdapat 11 kategori yang dikompetisikan yaitu 4 kategori utama sesuai jenjang sekolah kindergarten, primary school, junior high school, senior high school. Kemudian kategori umum seperti children choir, mixed youth choir, mixed choir, folklore, gospel dan spiritual, musica sacra dan chamber choir.

Dari 11 kategori tersebut, peserta terbaik dari setiap kategori akan masuk dalam Grand Prix dan The Winner memperoleh hadiah Rp 30 Juta. Sedangkan total hadiah yang disiapkan panitia PICF 2019 sebesar Rp 164 Juta. Untuk menentukan para juara, tim juri dari 10 negara dihadirkan langsung untuk memberikan penilaian secara obyektif.