(62-21) 4303111

News Article

Image

Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara Di Ruang Publik

KOMINFOTIK JU - Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu rakyat Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, bahasa dan budaya. Di era globalisasi ini, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Desi Putra mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selaku menjaga dan mempertahankan penggunaan bahasa Indonesia dalam keseharian.

"Ratusan bahasa daerah ada di negara Indonesia namun semuanya akan menyatu dan menjalin komunikasi dengan bahasa Indonesia. Kita harus bangga menggunakan bahasa Indonesia," tutur Desi Putra saat membuka acara sosialisasi pengutamaan bahasa negara di Ruang Bahari, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu (11/9).

Melalui acara sosialisasi yang dihadiri sekitar 150 peserta dari wilayah Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu, ia menyampaikan mengenai betapa pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang menjadi identitas negara Indonesia. "Mulailah lakukan perubahan dari hal yang kecil hingga besar dengan menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik," ujarnya didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman.

Sementara itu, Sutejo, Kepala Bidang Pengendalian dan Penghargaan dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi pengutamaan bahasa negara di ruang publik adalah untuk meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa Indonesia.

"Disini kita akan berdiskusi dan perwakilan tiap-tiap wilayah akan menyampaikan kebijakan pembinaan bahasa negara di ruang publik. Adanya sosialisasi ini diharapkan pengutamaan bahasa Indonesia bisa ditingkatkan. Setelah sosialisasi, pusat pembinaan dn sastra akan memantau pengutamaan bahasa negara di ruang publik untuk 3 wilayah di DKI Jakarta yaitu Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu," jelasnya.