(62-21) 4303111

News Article

Image

Wakil Walikota Jakut Himbau Panitia Kurban Tidak Pakai Plastik Sekali Pakai

KOMINFOTIK JU – Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menghimbau panitia kurban Idul Adha 1440 Hijriah tetap memperhatikan lingkungan. Salah satunya tidak menggunakan plastik sekali pakai saat pendistribusian daging kurban.
 
“Kami menghimbau agar panitia kurban dan masyarakat tetap menjaga lingkungan dalam kegiatan berkurban besok,” kata Ali, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Sabtu (10/8).
 
Dijelaskannya, himbauan ini merujuk pada Seruan Gubernur (Sergub) DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019. 
 
Sebagai pengganti plastik sekali pakai, distribusi daging kurban dapat menggunakan besek bambu, kertas, daun pisang atau pun baskom. Sehingga wadah yang telah digunakan bisa kembali digunakan untuk keperluan lainnya.
 
“Yang penting tidak menggunakan plastik sekali pakai sehingga tidak mencemari lingkungan,” jelasnya.
 
Tak hanya itu, dia pun menyarankan darah atau kotoran saat proses penyembelihan hewan kurban agar dikubur atau ditimbun tanah. Tidak membuangnya ke saluran air yang dapat mencemari lingkungan sekitar.
 
“Dan yang perlu diperhatikan lokasi penyembelihan hewan harus kembali bersih seperti semula. Tidak meninggalkan bau sehingga nyaman untuk digunakan aktifitas lainnya,” tutupnya.