(62-21) 4303111

News Article

Image

Gunakan Aplikasi E-Ladies, Lansia dan Disabilitas Tak Perlu Antre Berobat di RSUD Tugu Koja

KOMINFOTIK JU – Lansia dan penyandang disabilitas menyambut gembira dengan hadirnya aplikasi E-Ladies milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugu Koja, Koja, Jakarta Utara. Aplikasi berbasis android ini dinilai mempermudah pasien dalam menjalani pengobatan. 
 
Seorang lansia, Yogiana Manurung (66) menilai, aplikasi E-Ladies memudahkannya dalam proses pengobatannya. Salah satunya dengan fitur Ladies ROL yang dapat melakukan pendaftaran secara online alias tidak perlu lagi mengantre di loket.
 
“Saya sangat berterimakasi kepada Pemerintah DKI Jakarta. Selama ini kita (lansia dan disabilitas) berobat ke rumah sakit seperti ini kan harus menunggu antrean lama. Tapi dengan aplikasi ini kita tidak perlu mengantre lagi,” kata Yogiana, saat ditemui di RSUD Tugu Koja, Koja, Jakarta Utara, Selasa (14/8).
 
Bahkan, menurutnya aplikasi ini semakin mempermudah dirinya yang tak perlu lagi menunggu antrean pengambilan obat setelah diperiksa oleh dokter. Petugas akan mengantarkan obat ke rumah hanya dengan mengisi alamat lengkap melalui fitur Ladies Go.
 
“Saya biasanya berobat ke poli penyakit dalam. Di aplikasi sudah ada jadwal praktek dokter juga. Jadi saya piker ini sangat bagus membantu pasien seperti kami,” ungkapnya.
 
Menanggapi hal tersebut, Wakil Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Khafifah Any menerangkan, aplikasi ini merupakan suatu inovasi untuk mempercepat akses pelayanan kesehatan bagi pasien lansia dan penyandang disabilitas. Mudah-mudahan, aplikasi ini dapat docntoh dan diterapkan di berbagai RSUD lain, baik di Jakarta Utara maupun DKI Jakarta.
 
“Kami (Dinas Kesehatan DKI Jakarta) mendorong adanya inovasi pelayanan kesehatan untuk meningkatkan, mempercepat dan memudahkan pelayanan akses pasien di rumah sakit,” tutupnya.
 
Sebelumnya diberitakan, aplikasi E-Ladies milik RSUD Tugu Koja memiliki empat fitur pelayanan kesehatan bagi lansia dan penyandang disabilitas, yakni Ladies GO, Ladies KO, Ladies MO, dan Ladies ROL.
 
Ladies Go sendiri merupakan fitur pengantaran obat ke rumah pasien, dan Ladies KO merupakan layanan konsultasi seperti penyakit, keluhan, pola nutrisi, dan lain sebagainya yang akan dijawab petugas E-Ladies. 
 
Sedangkan Ladies MO merupakan fitur pengingat minum obat melalui notifikasi handphone. Serta fitur Ladies ROL yakni menu pengingat kunjungan ulang atau pendaftaran online sebelum datang untuk berobat di RSUD Tugu Koja