(62-21) 4303111

News Article

Image

Muspiko Jakut Pantau Harga Bahan Pokok dan Keamanan Pangan

KOMINFOTIK JU - Jajaran Muspiko Jakarta Utara bergerak cepat melaksanakan pemantauan dan pengawasan harga kebutuhan bahan pokok dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Senin (4/6). Ada 3 pasar yang menjadi target pemantauan yaitu Pasar Sunter Podomoro, Pasar Jaya Kelapa Gading dan Lottemart Kelapa Gading.

"Hari ini, kita lakukan pengecekan harga dan pemeriksaan keamanan pangan di 2 pasar tradisional dan 1 pasar modern. Hasil sidak pasar kali ini mendapatkan gambaran bahwa tidak ada kenaikan harga yang significant. Begitu juga dengan stock barang yang terpantau stabil," jelas Husein Murad, Walikota Jakarta Utara didampingi Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Reza Arief Dewanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara, Suroto dan unsur terkait lainnya.

Saat mengunjungi pasar tradisional, jajaran Muspiko Jakarta Utara berkeliling mengecek sejumlah bahan-bahan kebutuhan pokok seperti beras, telor, sayuran, ikan, daging, ayam dan lain-lain. Kemudian dimanfaatkan untuk berbincang-bincang dengan pedagang dan pembeli. "Kita akan terus melakukan pemantauan agar masyarakat bisa mendapatkan barang dengan harga yang stabil," tegasnya.

Untuk memastikan keamanan pangan di wilayah Jakarta Utara, Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta menyediakan mobil laboratorium keliling beserta petugasnya di Lottemart Kelapa Gading untuk melayani pengujian cepat dan gratis pada produk pangan mulai dari uji awal kebusukan, pewarna dan pengawet. "Ada 14 sample bahan makanan yang diambil petugas untuk pengujian lab dan hasilnya negatif sehingga dinyatakan layak untuk dikonsumsi masyarakat," ujar Husein.

Sedangkan Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Reza Arief Dewanto mengatakan, setelah turun langsung melakukan pengecekan di sejumlah pasar tidak ditemukan adanya hal-hal yang menyimpang. "Rata-rata pedagang mengambil pasokan barang kebutuhan pokok dari Pasar Induk Kramat Jati. "Saat ini, baik itu harga ataupun ketersediaan stock barang relatif stabil. Kita juga ada satgas pangan yang akan terus memonitor perkembangan harga di pasar-pasar tradisional," terangnya.