(62-21) 4303111

News Article

Image

69 Pasar Dinobatkan Sebagai Pasar Aman Pangan

KOMINFOTIK JU - Untuk memberikan jaminan mutu pangan kepada masyarakat DKI Jakarta. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta rutin melakukan kegiatan pengawasan keamanan pangan terpadu di 154 pasar/lokasi. Dengan rincian, pasar tradisional rakyat dibawah binaan PD Pasar Jaya 113 pasar, pasar modern/swalayan (20), lokasi binaan Koperasi, UMKM dan Perdagangan (5), lokasi sentra perikanan (7), Kepulauan Seribu (7) dan lokasi sentra pertanian (2).

"Hari ini, ada 69 pasar tradisional di wilayah DKI Jakarta yang dinyatakan sebagai pasar aman pangan. Saya minta terus diawasi dan dilakukan pengujian lab terhadap bahan pangan terutama di pasar tradisional karena sebagian besar warga Jakarta masih mendatangi pasar tradisional. Masyarakat harus terlindungi dari ancaman makanan yang berbahaya," ungkap Saefullah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta yang bertindak mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam acara pencanangan Pasar Aman Pangan di Halaman Pasar Koja, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jumat (6/4).

Menurutnya, seni belanja itu ada di pasar tradisional dimana terjadinya proses tawar menawar harga saat membeli suatu barang. "Dari tahun 1985, saya dan istri sering belanja di Pasar Koja dan Pasar Waru. Belanja barang-barang kebutuhan pokok, plastik, emas dan sebagainya. Sekarang pasarnya sudah tertata rapi sehingga memberikan kenyamanan kepada pengunjung," ujar Saefullah didampingi Walikota Jakarta Utara, Husein Murad.

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, 69 pasar di DKI Jakarta sudah menjual produk-produk pertanian, peternakan dan perikanan secara aman. "Kami berikan apresiasi pasar aman pangan kepada PD Pasar Jaya agar bisa diikuti oleh pasar-pasar lain. Kita juga melakukan uji kebusukan pada daging dan ikan dengan begitu dapat memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa pasar-pasar di DKI Jakarta menjual bahan pangan yang aman untuk dikonsumsi," jelasnya.

Di wilayah Jakarta Utara ada 15 pasar tradisional yang dinobatkan sebagai Pasar Aman Pangan berdasarkan hasil pengawasan kegiatan pangan terpadu selama tahun 2017 diantaranya Pasar Koja Baru, Pasar Lontar, Pasar Tugu, Pasar Sunter Podomoro, Pasar Sungai Bambu, Pasar Anyer, Pasar Walang Baru, Pasar Pademangan Barat, Pasar Pademangan Timur, Pasar Pluit, Pasar Teluk Gong, Pasar Sukapura, Pasar Kalibaru dan Pasar Kelapa Gading Timur.

Usai menyerahkan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi pasar aman pangan kepada Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin dan 3 perwakilan pasar di DKI Jakarta. Sekda bersama jajarannya meninjau aktivitas jual beli di kios penjual daging, sayuran dan buah-buahan di lantai 2 Pasar Koja Baru. Bahkan ia juga menyempatkan untuk membeli daging sapi dan memberikannya kepada salah satu pengunjung pasar.