(62-21) 4303111

News Article

Image

Gapoktan Koja Utama Jaya Dibekali Pelatihan Pembuatan Yogurt

KOMINFOTIK JU - Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara memberikan pelatihan membuat yogurt kepada 20 perwakilan gabungan kelompok tani (Gapoktan) Koja Utama Jaya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat terutama kaum perempuan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

"Kita berikan pelatihan pembuatan yogurt agar tercipta wirausahawan baru. Dengan harapan dapat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatan perekonomian masyarakat Jakarta Utara," ujar Rita Nirmala, Kasudin KPKP Jakarta Utara, Jumat (16/3).

Waktu luang ibu-ibu bisa dimanfaatkan untuk membuat yogurt karena teknik pembuatannya tergolong simple. Selain rasa, kemasan produknya juga harus didesain menarik sehingga mampu menjaring daya beli masyarakat. "Mereka mendapatkan pembekalan materi yang kemudian langsung dipraktekan," jelas Rita.

Setelah pelatihan, Sudin KPKP Jakarta Utara akan terus melakukan pendampingan. "Kita juga minta kepada mereka untuk menginformasikan kembali hasil pelatihan pembuatan yogurt ke teman-temannya. Bagi peserta yang benar-benar serius dan tekun dalam mengembangkan pembuatan yogurt dan produknya sudah layak jual. Kita akan membantu pengurusan perizinan dan pengembangan usaha. Nanti akan dikordinasikan dengan SKPD terkait untuk mendukung proses pemasaran," ungkapnya.