(62-21) 4303111

News Article

Image

Sekko JU Buka Kegiatan Pembauran Bangsa

Kominfomas JU - Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Ahmad Ya'la membuka kegiatan peningkatan pemahaman pembauran bangsa yang dilaksanakan Kantor Kesbangpol Jakarta Utara di Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (31/5).

"Kegiatan ini dapat menumbuhkan kemitraan yang tangguh dan berwawasan luas serta tanggap dalam mengantisipasi berbagai permasalahan sosial masyarakat secara efisien, efektif dan optimal," ungkap Ahmad Ya'la.

Ia sangat mengapresiasi kepada seluruh pengurus dan jajaran organisasi masyarakat etnis Jakarta Utara atas terselenggaranya kegiatan ini. "Ini menandakan bahwa organisasi masyarakat etnis sangat menyadari akan peran dan tanggung jawab yang diembannya dalam proses pembangunan bangsa dan negara secara keseluruhan," jelasnya.

Sedangkan makna dari pembauran bangsa adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni, budaya, pendidikan dan perekonomian. Dengan begitu pembauran bangsa merupakan proses pembudayaan bangsa yang harus dipacu kearah positif dan harus dijiwai dengan sikap mawas diri, tenggang rasa, kerukunan serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan masyarakat yang multikulturisme dan heterogen guna terjaminnya ketentraman, ketertiban bermasyarakat serta meminimalisir terjadinya konflik sosial," tutur Sekko.