(62-21) 4303111

News Article

Image

Puluhan PPSU Semper Timur Dilatih Tangani Bencana Kebakaran

Kominfomas JU - Puluhan anggota PPSU Kelurahan Semper Timur mengikuti pelatihan penanggulangan bencana kebakaran di halaman Kantor Kelurahan Semper Timur, Sabtu (21/5). Kasi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Kecamatan Cilincing, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Putut Jantoko menyatakan, semua unsur mempunyai peranan dalam membantu pencegahan kebakaran.

"Anggota PSSU di 31 kelurahan yang ada di Jakarta Utara akan dibekali dengan teori dan latihan dalam mengantisipasi bencana kebakaran. Mereka akan kita berikan pemahaman mengenai langkah awal apa saja yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran di lingkungan sekitarnya," jelas Putut.

Dalam aksi kali ini, petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara memberikan pelatihan tentang tata cara menjinakan api dengan cara yang tradisional yakni dengan karung goni yang dibasahi air kemudian berupaya menutup percikan api. Bahkan perwakilan PPSU disuruh mengenal dan mempraktikkan langsung cara menangani api.

"Bagaimana mengoperasikan alat pemadam api ringan (APAR) dan peralatan pawang geni yang ada di masing-masing kelurahan. Mereka bisa membantu jika terjadi kebakaran di wilayah seperti cepat merespon dengan menelfon petugas damkar dan melakukan tindakan awal mencegah api supaya tidak membesar," ungkapnya.

Menanggapi adanya latihan penanggulangan kebakaran, Agus salah satu anggota PPSU Kelurahan Semper Timur mengaku terbantu dengan adanya pelatihan itu. "Banyak ilmu yang bisa saya dapat disini jadi tidak sembarangan menggunakan karung basah kalau ada kebakaran. Jika salah langkah maka bisa membahayakan diri kita sendiri," ujarnya.