(62-21) 4303111

News Article

Image

Pos Baca Al Muzayyah Dongkrak Minat Baca Anak

Kominfomas - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara bersama organisasi Save The Children terus memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan pendidikan anak-anak.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan mendirikan Pos Baca Al Muzayyah di RT 01 RW 04 Kelurahan Semper Barat. Keberadaan pos baca ini diharapkan mampu memotivasi anak-anak untuk rajin membaca dan memberantas buta huruf.

Pos ini berada di halaman depan Ismiyati, yang merupakan salah satu warga setempat. Halaman rumah tersebut disulap menjadi pos baca yang penuh aneka hiasan berwarna dan dilengkapi dengan berbagai jenis buku bacaan yang bisa menambah pengetahuan anak-anak.

Ismiyati, sang pemilik rumah, tanpa kenal lelah mengajar sekitar 30 anak-anak yang sebagian besar berasal dari warga yang kurang mampu.

"Selama satu tahun ini saya telah mendirikan Pos Baca Al Muzayyah yang didukung penuh oleh Save The Children dalam program percepatan aksara. Alhasil, banyak diminati anak-anak dan setiap Sabtu siang, anak-anak dari lingkungan sekitar dilatih untuk bisa cepat membaca," ungkap Ismiyati.

Serangkaian kegiatan rutin telah dijadwalkan dalam pos baca Al Muzayyah diantaranya permainan bebas, waktunya lagu, agenda, waktunya bercerita, waktunya bermain, membuat dan miliki serta membuat jurnal.

Keberadaan Pos Baca ini pun mendapat perhatian khusus dari Save The Children, sebuah organisasi yang yang peduli terhadap masa depan anak-anak Indonesia.

"Kita akan mensupport Pos Baca Al Muzayyah dalam program percepatan aksara. Minat membaca anak sejak dini harus terus ditingkatkan," ujar Anton, Project Officer Save The Children yang turun langsung meninjau kegiatan pos baca bersama jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (22/10) siang. (ian)