(62-21) 4303111

News Article

Image

Dialog Kebangsaan Wadah Aspirasi Masyarakat

Kominfomas – Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Suroto membuka kegiatan dialog kebangsaan dan kerakyatan bulanan di Ruang Pola, Kantor Kecamatan Koja, Kamis (23/10).

“Kemajemukan perlu dikelola dengan baik dan dibahas secara arif melalui dialog kebangsaan kali ini. Mari kita menjaga bangsa Indonesia tetap berdiri tegak dan bersatu ditengah keberagaman yang ada,” ujar Suroto yang bertindak mewakili Walikota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono, yang berhalangan hadir.

Menurutnya, dialog kebangsaan yang rutin dilaksanakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Utara dapat membuka ruang aspirasi masyarakat dan mengembangkan aktualisasi jalannya pembangunan.

Pernyataan Suroto ini diamini oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Utara Pasifik Abeto

“Peserta dialog bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan kebangsaan sesuai Pancasila. Mereka akan memperoleh pencerahan ruang aspirasi supaya tidak keluar dari dasar Pancasila,” jelas Abeto.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, majelis taklim, PKK dan tokoh pemuda di wilayah Kecamatan Koja itu mendapat respon positif. Para peserta terlihat begitu antusias dan menyimak berbagai ulasan materi yang disajikan para narasumber.

Adapun sejumlah narasumber yang ikut memberikan materi dialog diantaranya Musni Umar (Akademisi) dengan materi peran masyarakat dalam meminimalisir konflik sosial dan menjaga stabilitas NKRI.

Kemudian Irwan (Komju) dengan materi kewarganegaraan, kebangsaan dan kemasyarakatan ditinjau dari ideologi Pancasila, Zainal Musappa (Tim Percepatan Pembangunan Provinsi DKI Jakarta) menyampaikan materi pemahaman dan strategi pemerintah dalam menjaga keutuhan NKRI. (ian)