Pagelaran Kesenian Tempo Doeloe Digelar di Galangan VOC
Rabu, 28 November 2012 10:43

PEMERINTAH Kota Administrasi Jakarta Utara yang diprakarsai Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara akan menyelenggarakan Pagelaran Kesenian Tempo Doeloe. Acara ini akan dilaksanakan di Galangan VOC, Penjaringan, Jakarta Utara, pada 2 Desember 2012 mendatang.

Pagelaran Kesenian Tempo Doeloe yang digelar di Galangan VOC rencananya akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Para Duta Besar Negara Sahabat, Para Anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Para Pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan masyarakat sekitar.

"Menariknya, dalam pagelaran ini, pengunjung akan disuguhkan berbagai bentuk kegiatan seperti pameran foto tempo doeloe (BCB Destinasi Jakarta Utara), kesenian Ondel-Ondel, Barongsay, Gambang Rancak, Garapan Seni Tempo Doeloe, Musik Legendaris (Keroncong Toegoe)," kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara, Sahat Sitorus.

Pagelaran, lanjut Sahat Sitorus, kesenian tempo doeloe disamping sebagai pendokumentasian sejarah budaya, juga merupakan referensi bagi pengembangan kreatifitas masyarakat berikutnya, sehingga dari karya masa lalu hingga masa berikutnya terdapat benang merah (kesatuan bentuk) yang khas, yang pada perkembangan berikutnya menjadi suatu identitas kekhasan suatu daerah.

Dalam hal ini, Wali Kota Jakarta Utara, H Bambang Sugiyono menyambut baik, senantiasa memberikan dukungan atas kegiatan pagelaran kesenian tempo doeloe. "Kiranya perlu kita berikan apresiasi dan dukungan, bukan saja untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya itu sendiri, tapi juga untuk memperkuat citra Jakarta sebagai kota budaya," katanya.

"Pagelaran Kesenian Tempo Doeloe" perlu dilestarikan dan dikembangkan karena warisan nilai-nilai budaya kita sendiri, selain merupakan pembentukan jati diri juga merupakan parameter utama yang membedakan bangsa kita dengan bangsa lain," tambah Wali Kota......(Sifa)

 


Suku Dinas KOMINFOMAS Kota Administrasi Jakarta Utara