Mangara Pardede: Seluruh Wilayah Jakut Menjadi Lebih Baik
Selasa, 17 April 2012 12:57
PERAN Ketua RT/RW akan menentukan wajah jakarta utara, dimana kelurahan melalui RT/RW melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai bagian dari jakarta utara. RT/RW mempunyai peran besar dalam memelihara lingkungannya sehingga membantu tugas pemerintah kota administrasi jakarta utara. "Siapapun yang mendapat predikat terbaik dan dapat menuju ke tingkat provinsi agar dapat mempertahankan kinerjanya dan menjadi juara sehingga seluruh wilayah jakarta utara menjadi lebih baik," tutur Wakil Walikota Mangara Pardede dalam memberikan sambutan kepada RT/RW di Ruang Fatahilah Kantor Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dalam acara Penilaian dan Evaluasi Kinerja RT/RW, dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Adm Jakut, Bapak/Ibu Tim Penilai, Pengurus RT/RW dan undangan, Selasa (17/04).

Menurut Wakil Walikota, RT/RW merupakan sebuah lembaga yang dibentuk tingkat kelurahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, pengurus dituntut tanggung jawab dalam melestarikan budaya dan memberikan yang terbaik untuk warganya.

Pada tahun 2011 Jakarta utara menjadi juara lomba RT/RW tingkat provinsi yaitu di RW 11 Kelurahan Koja. Beliau berharap "para camat dan lurah khususnya lurah yang RT/RW nya mengikuti lomba di tahun ini insyallah dapat menjadi juara lagi di tingkat provinsi," harapnya.

"Pengurus RT/RW, dukungan dan bantuan kepada pemkot administrasi jakarta utara, prestasi ini merupakan cerminan bahwa Bapak/Ibu telah sukarela memelihara lingkungan wilyahnya. Pekerjaan RT/RW bukan pekerjaan ringan dan perlu kesadaran yang tinggi. Dimana RT selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dalam berbagai keluhan. Bekerja dengan ikhlas tentu akan mendapat hasil yang memuaskan, kepengurusan RT/RW yang baik akan menunjang keberhasilannya sehingga akan tercermin keamanan dan ketentraman di dalam RT/RW," ujarnya.

Lanjut Mangara mengingatkan, sebentar lagi Jakarta akan mengikuti pilkada yang jatuh pada tanggal 11 Juli 2012, saya yakin para RT/RW mampu dan siap menjadi pengayom masyarakat didalam menciptakan pilkada yang aman tertib dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. RT/RW harus berperan semaksimal mungkin mulai dari pelaksanaan pendaftaran sampai kampanye berlangsung, dimana kalau sudah masuk kampanye pasti akan sangat sensitif, diharapkan menciptakan kondisi yang kondusif supaya pilkada dapat berjalan secara nyaman, aman, kondusif tidak mengganggu lingkungan antar tetangga. Tentunya mengharapkan semua warga bisa memilih pimpinan untuk masyarakat di masa depan, tambahnya.

Drs. Suroto selaku Kabag Tapem menaambahkan, bahwa RT/RW merupakan lembaga kemasyarakatan yang bertujuan untuk memelihara melestarikan nilai-nilai kehidupan kegotong royongan antar tetangga dan lingkungan RT/RW yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat.

RT/RW yang mengikuti lomba kinerja diantaranya dari Kelurahan Penjaringan RT 010/13, Kelurahan Muara RW 02, Kelurahan Ancol RW 04, Kelurahan Tanjung Priuk RT 01/05, Kelurahan Sunter Agung RW 07, Kelurahan Rorotan RT 005/010, Kelurahan Sukapura RW 06, Kecamatan Koja Kelurahan RBS RT 03/05, dan RW 05. Kelapa Gading Kelurahan Peganggsan Dua RT 05/05, RW 05....O Sifa
 


Suku Dinas KOMINFOMAS Kota Administrasi Jakarta Utara