2 Pompa Pengendali Banjir Akan Dibangun
Rabu, 25 September 2013 14:09

Kominfomas – Sudin PU Tata Air Jakarta Utara berencana akan menambah 2 pompa pengendali banjir di Kapuk 1B dan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan di tahun 2013. Hal itu dilakukan sebagai upaya meminimalisir banjir rob yang kerap melanda wilayah tersebut.

“Kita hanya bersifat menambah saja karena di kedua lokasi tersebut rawan banjir rob. Sedangkan jumlah pompa di Jakarta Utara ada 21 buah kapasitas 54,80 m3/dtk dimana hanya 10 buah yang masuk kewenangan Sudin yang lainnya di Dinas,” jelas Surya Kopa, Kasi Perencanaan dan Pelayanan Masyarakat Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Rabu (25/9).

Ia mengharapkan pengelolaan 21 pompa yang ada di wilayah Jakarta Utara bisa dilimpahkan ke Sudin PU Tata Air Jakarta Utara sehingga akan lebih mempermudah dalam pengoperasiannya.“Kedepannya, setiap rumah pompa akan dipasang cctv supaya lebih mudah pengawasannya dan cepat terpantau,” ujar Surya Kopa.

Adapun ke 21 rumah pompa yang ada di Jakut diantaranya pompa Waduk Teluk Gong, Tanjungan, Pluit, Waduk Muara Angke, Ancol, pintu air Pasar Ikan, Waduk Sunter Utara, Sunter Selatan, pompa mobile, Gaya Motor 1, Gaya Motor 2, Sunter Timur III, Bendungan Melayu, Pinang, Sindang, Waduk Sunter Timur, Yos Sudarso, Sunter Kodamar dan Cilincing Raya.

Menanggapi adanya penambahan 2 rumah pompa di Jakarta Utara, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Junaedi menyambut baik akan rencana tersebut. “Selain upaya pengerukan kali dan saluran, keberadaaan rumah pompa juga sangat dibutuhkan karena akan membantu penanganan banjir rob yang kerap melanda kawasan tersebut,” ungkap Junaedi. (louise)

 


Suku Dinas KOMINFOMAS Kota Administrasi Jakarta Utara