PPDK Jakut Tetapkan 6 Anggota Dewan Kota
Senin, 09 September 2013 10:42

Kominfomas - Panitia Pemilihan Dewan Kota (PPDK) Jakarta Utara menetapkan enam orang anggota Dewan Kota (Dekot). Para anggota Dekot yang ditetapkan tersebut merupakan perwakilan dari 6 Kecamatan di Jakarta Utara.

“Keenam orang yang ditetapkan tersebut, merupakan hasil hasil Uji Kelayakan dan Kepatutan yang diikuti oleh 30 peserta,” ujar Asisten Pemerintahan Sekko Jakarta Utara, Suroto, Senin (9/9), di Ruang Kerjanya, Kantor Walikota Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara.


Menurut Suroto, para anggota Dekot itu sebelumnya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan selama 5 hari, mulai dari tanggal 26 Agustus sampai 30 Agustus 2013, di Kantor Walikota Jakarta Utara.

“Dalam uji kepatutan dan kelayakan tersebut, mereka diminta memaparkan makalah dan wawancara di hadapan PPDK Jakut,” ujarnya.

“Dari 30 bakal calon Dekot yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan, terdapat satu kelurahan yakni Kapuk Muara tidak mengirimkan perwakilannya,” lanjut Suroto.

Adapun 6 nama anggota Dekot hasil seleksi PPDK Jakarta Utara antara lain Suntono calon anggota Dekot perwakilan Kecamatan Penjaringan, Bambang Setiyono Kecamatan Koja, Amudin Kecamatan Tanjung Priok, Arfah Madrianta Kecamatan Cilincing, Anwar A.Karim Kecamatan Pademangan, dan Djumtie Nara Kecamatan Kelapa Gading.

PPDK Jakarta Utara, papar Suroto, berasal dari perguruan tinggi, LSM dan Profesi. “Sebelum pengumuman hasil seleksi, para bakal calon dekot dipertemukan untuk membuat komitmen mengenai terpilih atau tidaknya menjadi perwakilan dekot di wilayahnya,” katanya.

Suroto berharap, keenam orang Dekot terpilih bisa mewakili wilayahnya dalam menyerap aspirasi masyarakat dan memberikan masukan dan saran dalam berbagai aspek sehingga menjadi mitra Pemkot Jakarta Utara.

“Dewan Kota merupakan lembaga musyawarah perwakilan tokoh masyarakat pada tingkat kota/kabupaten administrasi.Lembaga ini fungsinya untuk mendorong peran serta masyarakat dalam penyelengaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta peningkatan pelayanan masyarakat,” papar Suroto.

 


Suku Dinas KOMINFOMAS Kota Administrasi Jakarta Utara