Wawali Ajak LMK Berdayakan Masyarakat
Rabu, 28 Agustus 2013 16:11

Kominfomas - Wakil Walikota Jakarta Utara, Tri Kurniadi, membuka kegiatan penguatan kapasitas Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (28/8).

Dalam sambutannya, Tri mengatakan bahwa LMK merupakan lembaga yang menjamin semua lapisan masyarakat dalam meningkatkan partisipatif.


"Dalam rangka meningkatkan kapasitas lembaga keswadayaan masyarakat kita tingkatkan peran serta kelembagaan masyarakat dalam pemberdayaan, penanggulangan kemiskinan serta mampu menjadikan masyarakat mandiri dan sejahtera," kata Tri Kurniadi saat memberikan sambutan di depan 155 peserta yang terdiri dari LMK, pengurus PKK, serta aparat dari pejabat kelurahan dan kecamatan di Jakarta Utara.

Kegiatan ini, tambah Tri Kurniadi, tujuannya adalah untuk penguatan kelembagaan yang ada dimasyarakat dimana peran serta masyarakat dalam pembangunan juga ikut di libatkan. Ditegaskan ole Tri, Lurah, LMK, dan masyarakat harus berinergi untuk membangun Jakarta Utara.

"Sehubungan dengan kegiatan tersebut, saya berharap kinerja LMK semakin meningkat dan berperan aktif dalam meningkatkan kualitas masyarakat dan terwujudnya masyarakat yang sejahtera," imbuh Tri Kurniadi.

Hal senada diungkapkan Kepala KPMP Jakarta Utara, Irene. Irene menjelaskan, maksud kegiatan untuk meningkatkan kinerja dan pengetahuan lembaga masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan serta pengawasan pembangunan kelurahan menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Cisarua Bogor selama 3 dari tanggal 28 sampai 30 Agustus 2013. Dengan materi kegiatan terdiri dari penataan, evaluasi, fasilitasi penanggulangan kemiskinan, teknologi penyusunan LPJ, forum diskusi dan capasibility, serta pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan.

"Kegiatan ini dapat meningkatnya kinerja lembaga kemasyarakatan dalam meningkatkan pengelolaan dan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkannya partisipasi pembangunan kelurahan," harap Irene. (sifa/ian)

 


Suku Dinas KOMINFOMAS Kota Administrasi Jakarta Utara