Waduk Sunter Utara Yang Penuh Eceng Gondok Mulai Dibersihkan

KONDISI Waduk Sunter Utara yang dipenuhi eceng gondok membuat fungsi waduk sebagai infrastruktur pengendali banjir tidak maksimal. Untuk merefungsi kembali waduk, Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Utara membersihkan eceng gondok yang memenuhi waduk seluas 32 hektar tersebut. Sebanyak 2 eskavator dan 5 dump truck dioperasikan untuk mengangkat tanaman gulma itu. Disamping itu juga petugas tampak membersihkan eceng gondok yang berada di sisi waduk.

" Waduk ini sebagai pengendali banjir di kawasan Sunter Jalan Yos Sudarso hingga Jalan RE Martadinata. Kondisi ini sudah hampir setahun dipenuhi eceng gondok, jika tidak di bersihkan dampaknya akan banjir," kata Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Utara Sisca Herawati, seusai Rapat Pimpinan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (1/4/2013) lalu.

Sisca menuturkan, dahulu kedalaman waduk ini mencapai 12 meter. Namun kini kedalamannya hanya tinggal 2 meter, 10 meter sisanya dipenuhi lumpur. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengerukan, seperti yang sedang dilakukan Sudin PU Tata Air Jakut.

Dirinya juga mengisahkan kedalaman waduk dahulunya 12 meter, seiring waktu berjalan kini kedalamannya hanya 2 meter, sisanya 10 meter dipenuhi lumpur. Untuk mengembalikan funggsi kembali waduk kami akan membersihkan eceng gondok dan mengeruknya. Dalam pelaksanaannya  akan kami libatkan ratusan warga, TNI AD, dan Satpol PP untuk membantu menormalisasikan kembali. "Sudah terkumpul 30 truk. Butuh waktu 3 bulan dan biaya sekitar Rp 2 miliar untuk melakukan pengangkatan eceng gondok hingga pengerukan waduk. Jelas sisca......(Adi)

 


Suku Dinas KOMINFOMAS Kota Administrasi Jakarta Utara