Berita


18 Apr 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  KOMINFOTIK JU/AW 33

Warga Kampung Akuarium Panen Timun Suri

KOMINFOTIK JU – Pasangan suami-istri (pasutri) Suyitno alias Dul (66) dan Sapati (67) memanen buah timun suri yang ditanamnya, di Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Tanaman timun suri sengaja ditanamnya di lahan sebrang Museum Bahari sejak 2017 lalu.

Sang istri, Sapati mengatakan, timun suri sudah dipanen sebanyak dua kali pertama kali ditanam. Sengaja ditanam beberapa bulan menjelang sulan suci Ramadhan.

“Mulai tanam tahun 2017. Awalnya cuma dua pohon karena sedikit bibitnya yang dikasi tetangga. Terus bijinya dibibitin lagi. Tanamnya sebelum bulan puasa,” kata Sapati, saat ditemui di Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/4).

Dalam beberapa pekan terakhir, diakuinya panen timun suri dilakukan hampir setiap hari. Meski tak pernah menghitung jumlah buah yang dipanen, namun buah timun suri yang dipanen selalu habis dibeli warga lainnya. Bahkan tak sedikit pejabat yang membeli langsung dari lahan tanam.

“Hampir setiap hari ada saja buah yang dipanen. Ngga pernah dihitung berapa banyak. Tapi selalu habis dibeli,” ungkapnya.

Tahun lalu, dia menceritakan hasil panen timun suriu dapat menghantarkannya se-keluarga mudik lebaran ke kampung halaman, di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Bahkan hasil panen masih tersisa yang digunakan untuk membeli baju lebaran hingga ongkos kembali ke Jakarta.

“Tahun lalu kalua tidak salah dapat lebih dari Rp 3 jutaan. Sekarang mudah-mudahan bisa lebih banyak dapat hasilnya karena tanaman timun suri sudah lebih banyak. Maunya sih buka kios di depan sana (Jalan Pakin) selama puasa nanti,” jelasnya.

Sementara Lurah Penjaringan, Depika Romadi menambahkan, warga berinisiatif memanfaatkan lahan kosong di sekitaran Kampung Akuarium. Pembinaan terkait tata cara penanaman pun sudah diberikan kepada warga, baik dari aparatur kelurahan, kecamatan, dan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP).

“Termasuk penyediaan bibit tanaman lainnya. Saat ini juga sedang digalangkan tanaman hidroponik,” tutupnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111