Berita


14 Mar 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU / Rdn 18

Warga Jakut akan Usulkan Penataan Transportasi ke Gubernur

Kominfotik JU - Kemacetan di Tanjung Priok, Jakarta Utara pada umumnya disebabkan oleh antrian truk kontainer yang hendak masuk kawasan Pelabuhan. Karena hal tersebut, kawasan Pesisir ini bisa dibilang tempat yang paling dihindari untuk berkendara.

Melihat kondisi demikian, Pemerintah Kota Pemkot Administrasi Jakarta Utara, Polres Jakarta Utara dan 21 organisasi masyarakat yang tergabung dalam Jakarta Utara Menggugat berkumpul bersama, mencari kata sepakat dan melakukan penataan untuk mengatasi persoalan kemacetan lalu lintas dipicu truk kontainer.

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau mengatakan jika pihaknya mengapresiasi peran serta masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Jakarta Utara Menggugat. "Ikut membantu Pemerintah mengatasi persoalan kemacetan yang membuat semua pihak tidak nyaman," katanya di Ruang Fatahillah Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (14/3).

Selain mengganggu aktifitas warga, Syamsuddin juga mengatakan jika masyarakat juga terkena imbas peningkatan beban ekonomis secara tidak langsung. "Untuk teknis penanganan masalah ini akan kita bahas terus agar penanganannya benar-benar matang dan solutif," tegasnya.

Kepala Kepolisian Resort Jakarta Utara, Budhi Herdi Susianto sangat senang dengan cara warga Jakarta Utara menyampaikan aspirasi.  "Tidak melalui aksi turun ke jalan yang berpotensi memicu kemacetan yang lain dan justru sikap yang ditunjukan memberikan usulan yang konkrit menangani masalah," katanya.

Sementara Perwakilan Aliansi Jakarta Utara Menggugat, Triyono menjelaskan ada delapan butir kesepakatan hasil pembahasan yang sudah dilakukan sejak sembilan bulan lalu bersama pemerintah kota.  "Pointer kesepakatan di antaranya, melakukan penertiban dan tindakan terhadap pool truk trailer serta depo kontainer sesuai Perda nomor 1 tahun 2014 tentang rencana detail tata ruang dan peraturan zonasi," katanya.

Tidak sampai disitu saja, Triyono juga ingin pembatasan jam operasional truk trailer di jalur tertentu, penertiban KIR truk trailer dan melakukan monitoring serta evaluasi bersama kemacetan di Jakarta Utara secara periodik dan terus menerus. "Kita juga akan mengusulkan rekomendasi untuk disampaikan ke Gubernur. Dalam waktu dekat kita akan sampaikan agar bisa menjadi kebijakan," tegasnya.

Rekomendasi usulan yang akan disampaikan kepada gubernur di antaranya pembentukan komite pengawas transportasi tingkat kota, menggelar kajian rutin untuk mengatasi kemacetan dan membentuk pusat informasi tingkat kelurahan dalam rangka membangun sistem informasi dan menyerap aspirasi masyarakat mengatasi persoalan di wilayahnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111