Berita


Walikota Buka Pelaksanaan Pemberkasan Yustisi Pelanggaran Pemanfaatan Ruang Dan Bangunan

Kominfotik JU - Walikota buka pelaksanaan pemberkasan yustisi pelanggaran pemanfaatan ruang dan bangunan di Blok R, Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (7/11).

Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Jakarta Utara, menggelar pemberkasan yustisi pelanggar pemanfaatan ruang dan bangunan tahun 2018 dengan menghadirkan 292 pelanggar.

Walikota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau dalam pembukaan acara tersebut mengatakan apa yang dilakukan pihaknya adalah sebagai upaya meningkatkan kesadaran warga tentang aturan. "Karena mengurus perizinan itu tidaklah sulit lagi. Dengan kegiatan ini, kami berharap warga di Jakarta Utara bisa menaati aturan sebelum melakukan pembangunan," katanya.

Dengan segala kemudahan yang sudah diberikan pemerintah, Syamsuddin ingin warga tidak menggunakan pihak ketiga saat mengurus perizinan. "Tidak mahal. Mahal itu karena pihak ketiga yang memanfaatkan keadaan, bukan pemerintah yang memunggut biaya tambahan," ucapnya.

Dan yang harus diperhatikan, Syamsudin mengingatkan pengurusan melalui pihak ketiga rentan terjadi kesalah pahaman. "Proses pengurusan perizinan berpotensi tidak sesuai aturan, dan itu akan merugikan pemilik bangunan dikemudian hari," tegasnya.

Sementara Kepala Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Jakarta Utara, Kusnadi Hadi Pratikno mengatakan, pelaksanaan pemberkasan sebagai rangkaian penindakan pelanggar aturan Perda nomor 7 tahun 2010 tentang bangunan gedung. "Akan diadakan 1 hari, dengan mengundang 292 pelanggar yang tercatat sejak Januari hingga Oktober," katanya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111