Berita


12 Apr 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/UIS 54

Tim Monitoring PSN Tingkat Kota Jakut Tinjau Lingkungan RW 01 Kel Semper Timur

KOMINFOTIK JU - Tim monitoring pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M Plus tingkat kota administrasi Jakarta Utara yang dipimpin oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman meninjau lingkungan RW 01 Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jumat (12/4).

"Semua harus bergerak memberantas sarang nyamuk di lingkungannya masing-masing. Laksanakan kegiatan PSN 3 M Plus secara rutin di setiap minggunya agar kebersihan lingkungan terjaga sehingga terhindar dari ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD)," himbau Wawan didampingi Kabag Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Darmawan dan Lurah Semper Timur, Cahyo Hudoyo.

Ia pun berpesan kepada kader jumantik untuk menjalankan tugasnya dengan penuh keikhlasan biar mendapatkan keberkahan. "Jalani apa yang sudah menjadi tugas kita dengan sebaik-baiknya," tuturnya.

Di kesempatan itu pula, ia menyerahkan secara simbolis ikan cupang pemakan jentik nyamuk kepada salah satu warga. Kemudian juga dilakukan pelepasan ikan cupang di sejumlah tempat penampungan air. Tak hanya itu saja, kegiatan Jumat Keliling itu juga dimanfaatkan untuk melaksanakan bersih-bersih tempat ibadah yaitu di Masjid Jami Al Falah RW 01 Kelurahan Semper Timur.

"Setiap jumat pagi, kami juga melakukan kegiatan monitoring PSN dan Silaturahmi Jumat Keliling dengan mengunjungi lingkungan pemukiman di 11 RW. Apa yang kita lakukan itu diharapkan mampu memotivasi kader jumantik dan warga setempat untuk menggiatkan gerakan PSN 3 M Plus sehingga mampu menekan kasus DBD yang saat ini tercatat ada 28 kasus dari Januari hingga April 2019 ," ungkap Cahyo Hudoyo, Lurah Semper Timur.

Bahkan di sejumlah lingkungan RW telah menerapkan jumantik mandiri dimana penghuni rumah bertanggung terhadap kebersihan lingkungan rumahnya sendiri dan rutin mengecek tempat penampungan air agar terbebas dari jentik nyamuk.

"Nanti, kader jumantik akan melihat kartu kontrol pengecekan jentik nyamuk di rumah tersebut. Ada juga yang masih konvensional dengan mendatangi setiap rumah dan mengecek langsung ke dalam rumah warga," terangnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111