Berita


24 Jan 2018
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU 27

TP PKK Jakut Petik Hasil Panen Kacang Panjang

KOMINFOTIK JU - Pemanfaatan lahan kosong area Perumahan Green Garden dimanfaatkan oleh ibu-ibu TP PKK POKJA III RW 01 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing untuk bercocok tanam. Mengembangkan potensi pertanian di padatnya pemukiman Kota Jakarta menambah nilai plus dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Ketekunan ibu-ibu PKK RW 01 Rorotan membuahkan hasil dimana tanamannya sudah bisa dipanen dan dijual kepada masyarakat setempat.

Kali ini, sayuran kacang panjang dan pisang kepok kuning bisa dipanen dengan kualitas yang bagus. Bahkan jajaran TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara berkunjung ke Kebun Cempaka RW 01 Rorotan untuk memanen langsung hasil kebun ibu-ibu PKK. "Saya kagum dengan kerja keras dari ibu-ibu PKK RW 01 Rorotan yang ulet memanfaatkan lahan kosong untuk bertani. Selain mengembangkan potensi pertanian juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap Yeti Hernawati, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (24/1).

Proses penanaman hingga membuahkan hasil panen membutuhkan waktu hingga 3 bulan. "Dulu panen jagung sekarang kacang panjang dan pisang kepok. Tadi ada 15 kg kacang panjang yang dipanen, perkilonya dihargai Rp 5 ribu. Biasanya dijual di pasar yang ada di pemukiman Green Garden," terang Yuyun Wahyudi, Lurah Rorotan saat mendampingi TP PKK Kota Administrasi meninjau hasil panen.

Usai memanen hasil kebun di RW 01 Rorotan, rombongan TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara menuju Balai Penyuluhan Pertanian Sukapura Kelurahan Rorotan untuk melihat sejumlah tanaman toga dan memetik hasil panen cabe serta terong. "Ada 42 jenis tanaman disini. Ada tanaman toga, cabe, sayuran dan lain-lain. Yang sudah bisa dipanen hari ini adalah cabe dan terong," ujar Sutrisno selaku penyuluh dan pengelola Balai Penyuluhan Pertanian Sukapura.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111