Berita


13 Feb 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/AW 17

Sudin LH Jakut Sosialisasi Diet Sampah Plastik di SMKN 55 Jakarta, Sasar Generasi Milienial

KOMINFOTIK JU – Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara menggelar sosialisasi gerakan #dietsampahplastik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 55 Jakarta. Kegiatan dilakukan dalam rangka kampanye pengurangan sampah plastik kepada generasi milenial.

Kepala Satuan Pelaksana Sudin LH Jakarta Utara Kecamatan Pademangan, Mumuh Mulyana mengatakan, kegiatan ini memberikan pemahaman kepada generasi milenial agar lebih dapat menjaga lingkungan. Tidak merusak atau mencemari lingkungan yang akan membahayakan kelangsungan hidup bumi.

“Harapan kami semua siswa siswi ini semua, sebagai pionir dari generasi muda yang akan datang dapat memahami untuk menjaga lingkungan. Terhindar dari pencemaran-pencemaran sampah plastik dapat membahayakan kelangsungan bumi ini,” kata Mumuh, saat ditemui di SMKN 55 Jakarta, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (12/2).

Dalam mewujudkan gerakan ini, generasi milenial diajak untuk selalu membawa wadah minum (tumbler) dan tas jinjing (tote bag). Tidak lagi menggunakan wadah plastik guna mengurangi pencemaran lingkungan.

Dia juga berharap, siswa-siswi dapat menjadi duta peduli lingkungan, minimal pada lingkungan keluarga masing-masing. Meningkatkan kesadaran terhadap bahaya limbah plastik terhadap keberlangsungan hidup bumi.

“Selain di sekolah, sosialisasi akan merambah ke sejumlah perusahaan, baik perkantoran dan pusat perbelanjaan modern atau mall. Maupun di lingkungan-lingkungan masyarakat yang setidaknya kami dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Wakil Kepala Sekolah Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan SMKN 55 Jakarta, Rugiyanto menerangkan, sosialisasi penggunaan tubler dan tote bag selalu disampaikan setiap upacara bendera. Termasuk melarang pedagang kantin untuk menjual makanan dan minuman yang berwadah plastik.

“Memang sudah selalu kita arahkan mewajibkan setiap siswa membawa botol tambler dari rumah masing-masing. Kalau mereka (siswa-siswi) masih beli makanan dan minuman dari kantin dan pedagang juga masih menjual seperti itu nanti kita ambil. Ada sanksi administrasi sesuai tata tertib sekolah,” paparnya.

Seorang siswi SMKN 55 Jakarta, Sinta Bella menanggapi positif sosialisasi ini. Dia dan teman lainnya tergerak untuk ikut peduli lingkungan. Termasuk menyebarkan kampanye ini kepada anggota keluarga dan lingkungan.

“Mulai besok mau membawa tumbler minum biar lebih mengurangi sampah plastik. Menyampaikan juga kepada keluarga dan teman-teman di sekitar rumah,” tutupnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111