Berita


Sosialisasi Saber Pungli Bidik WP dan ASN Jakut

KOMINFOTIK JU - Sentra pelayanan publik tergolong sebagai titik paling rawan terjadinya aksi pungutan liar (pungli). Untuk mencegah tindakan pungli, Kepala Inspektorat Pembantu Kota Jakarta Utara, Asep Kodim menghimbau kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara untuk menjalankan tugas sesuai aturan.

"Jangan sampai tersandung masalah. Kerjakan apa yang menjadi tugasnya dan berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," ungkap Asep Kodim saat membuka kegiatan sosialisasi bahaya pungli terhadap semua lapisan masyarakat di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (20/2).

Seratus peserta sosialiasi saber pungli terdiri dari ASN dan para wajib pajak di wilayah Jakarta Utara. Sejumlah narasumber yang juga bagian dari tim saber pungli Jakut seperti Kompol M.Silalahi selaku Wakasat Intel Polres JU dan AKP Supriyadi, Kasat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok turut hadir untuk memberikan pemahaman dan informasi terkait pencegahan tindakan pungli.

Sedangkan pengertian pungli adalah pengenaan biaya atau pungutan ditempat yang seharusnya tidak ada biaya tapi dikenakan atau dipungut dilokasi. Adapun pungutan biaya yang termasuk kriteria pungli yaitu segala pungutan yang dilakukan oleh oknum petugas ataupun calo dengan nilai lebih dari yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan antara wajib pajak dengan aparat dapat membangun sinergi dan menjalankan apa yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Carto, Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Menurutnya, peran masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk dapat menginformasikan kepada petugas jika ada indikasi pungli agar bisa segera ditindak lanjuti. "Jakarta lebih clean karena para wajib pajak dan aparatur sudah mengetahui konsekuensi jika tertangkap tangan melakukan pungli. Mereka sudah mengetahui berbagai informasi tentang saber pungli sehingga dilakukan tindakan pencegahan," tambahnya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111