Berita


Seminar UMKM Fasilitasi Kelompok Binaan Tingkatkan Produk

KOMINFOTIK JU - Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) menyelenggarakan kegiatan seminar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Gedung Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Kamis (6/12). Sebanyak 151 peserta seminar terdiri dari 3 kelompok binaan yaitu Sudin UMKM Jakarta Utara, Indomaret dan Yayasan Terawulan Indonesia.

"Seminar ini akan memberikan pencerahan kepada bapak dan ibu dalam mengembangkan produk-produk UMKM di Jakarta Utara. Saya apresiasi kepada Bazis Jakarta Utara yang sudah memberikan wadah untuk menambah wawasan bagi para pelaku usaha UMKM," jelas Syamsuddin Lologau saat membuka kegiatan Seminar UMKM yang bertemakan pemberdayaan dan pembangunan umat dengan meningkatkan kualitas UMKM melalui inovasi dan kreatifitas.

Ia berharap kelompok binaan UMKM di Jakarta Utara dapat terus meningkatkan kualitas produknya. "Harus semangat terus dalam berwirausaha biar menjadi pengusaha yang sukses. Oleh karena itulah, pemerintah bersama masyarakat dan pengusaha harus selalu bersinergi sehingga terjadi peningkatan taraf hidup masyarakat," ujar Syamsuddin didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara, Suroto.

Sementara itu, Kepala Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara, Hari Agusti Hiyayat menjelaskan, seminar sehari ini merupakan pelaksanaan dari program Jakarta Mandiri yang termasuk salah satu dari 5 program pendayagunaan Bazis.

"Sejak tahun 2016 hingga 2018, Bazis Jakarta Utara telah membuka peluang usaha seperti Kampungnya Kue Kampung, produksi sosis, yogurt dan tanaman hidroponik serta memiliki 872 pelaku usaha yang masuk dalam kelompok binaan," terang Hari.

Ia menambahkan hanya Jakarta Utara yang mempunyai gagasan seperti itu. "Mereka yang tergabung dalam kelompok binaan sudah bisa memberikan 2,5 % dari penghasilan setiap bulannya kepada Bazis Jakarta Utara. Kita juga apresiasi kepada binaan terbaik dengan memberikan semacam gerobak cafe biar lebih memotivasi mereka dalam meningkatkan produk unggulan," tambahnya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111