Berita


Semarak Festival Budaya Adat Tulude

KOMINFOTIK JU - Walikota Jakarta Utara, Husein Murad mengaku kagum dengan rangkaian pelaksanaan upacara adat Tulude. Ia berharap upacara adat Tulude yang berasal dari Sulawesi Utara bisa dijadikan festival budaya yang mampu menarik minat wisatawan.

"Pagelaran budaya yang menunjukan kekayaan budaya Indonesia. Setelah melihat langsung sangat luar biasa dan makin melengkapi konsep NKRI di wilayah Jakarta Utara. Semoga festival budaya ini bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya," jelas Husein Murad saat menyaksikan prosesi upacara adat Tulude yang diselenggarakan oleh organisasi kemasyarakatan Nusa Utara Bersatu di Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Sabtu (3/3) sore.

Sedangkan, Ketua Umum Nusa Utara Bersatu, Steven Setiabudi Musa, mengatakan, tujuan diadakannya festival ini adalah untuk memupuk kecintaan akan budaya lokal. "Nusa Utara Bersatu kami bentuk satu tahun lalu karena kerinduan akan budaya Sitaro, Sangihe, dan Talaud. Festival ini menjadi momentum awal untuk menjawab kerinduan kami akan kampung halaman. Acara ini bisa terwujud karena kekompakan kerukunan atau perkumpulan keluarga Sangihe, Sitaro, dan Talaud," ujar Steven.

Festival budaya adat Tulude diawali dengan upacara penyambutan tamu kehormatan khas Sulawesi Utara. Kemudian dilakukan proses pemotongan kue adat Tamo yang melambangkan pembagian berkat kepada para tamu undangan. Paduan suara serta tarian juga ditampilkan untuk meramaikan festival tersebut.

Dalam festival budaya itu, juga dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Jauhari Orat Mangun, Bupati Sitaro Tony Supit, Bupati Sangihe Yabes Gagana dan sebagainya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111

BUKU TAMU

Name

Email

Subject

Message