Berita


Sekko Pimpin Rapat Kordinasi TIM Management Penanggulangan Kebakaran

KOMINFOTIK JU - Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Desi Putra memimpin rapat kordinasi TIM management penanggulangan kebakaran di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (31/1).
 
Bencana kebakaran dapat terjadi dimana saja tanpa mengenal waktu dan tempat. Dan biasanya, musibah tersebut terjadi akibat faktor kesalahan manusia sendiri, seperti konsleting listrik karena instalasi yang kurang baik, ledakan kompor dan lain-lain. Belum lagi ditambah keterlambatan petugas pemadam kebakaran akibat jalan yang macet, lokasi yang sulit dijangkau atau jauhnya sumber air. Hasilnya, kerugian harta, benda sampai dengan nyawa harus ditanggung.
 
Dan sebagai upaya langkah pencegahan, Sekko mengatakan perlu dilakukan kordinasi antar SKPD/UKPD di Kantor Walikota Jakarta Utara. "Perlu adanya pelatihan, yang tujuannya menambah pengetahuan saat menghadapi kebakaran," katanya.
 
Dari pelatihan ini, ia berharap semua pegawai mengetahui apa yang harus diperbuat saat musibah itu terjadi. "Biasanya orang akan panik karena ketidak tauan apa yang harus dilakukan. Akibatnya bisa berbuat konyol yang justru semakin membahayakan dirinya sendiri," ucapnya.
 
Sementara itu, Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Satriadi Gunawan menjelaskan, pihaknya siap memberikan pelatihan yang diperlukan. "Tinggal bersurat saja, tim kami tidak akan segan melakukan pelatihan," katanya yang juga sudah melakukan pelatihan kepada petugas PPSU di 31 Kelurahan di Jakarta Utara.
 
Selain pelatihan, Satriadi juga ingin setiap SKPD/UKPD memiliki setidak alat pemadam kebakaran sendiri. "Setidaknya apar yang kecil, agar dapat melakukan penanganan sendiri sebagai upaya mencegah api membesar sambil menunggu datangnya petugas kami," tuturnya.
 
Dari rapat kordinasi ini, nantinya tiap dua orang dari SKPD/UKPD akan menjadi leader dalam TIM management penanggulangan kebakaran Kantor Walikota Jakarta Utara.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111