Berita


17 Jan 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU 30

Ruang Bersalin Puskesmas Kamal Muara Resmi Beroperasi

KOMINFOTIK JU - Ruang Bersalin (RB) Puskesmas Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara resmi beroperasi, Kamis (17/1/2019). Kehadiran Ruang Bersalin diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

 

Wali Kota Jakarta Utara, Syamsudin Lologau mengatakan, Ruang Bersalin ini merupakan suatu keharusan pemerintah dalam menghadirkan pelayanan kesehatan. Mengingat, wilayah Kamal Muara berada di ujung Utara Jakarta.

 

"Ruang Bersalin ini kan berada pada wilayah yang cukup luas dan masyarakatnya juga banyak, perlu mendapatkan pelayanan. Ini hasil jerih payahnya Kasudin Kesehatan dan Kepala Puskesmas. Tentunya saya berterimakasih," kata Syamsudin, usai meresmikan Ruang Bersalin Puskesmas Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (17/1/2019).

 

Dikarenakan lokasi berada pada perbatasan Jakarta Barat dan Tangerang, Banten, sehingga dipastikannya Ruang Bersalin ini tak hanya dapat dimanfaatkan masyarakat Jakarta Utara. Baginya, pelayanan kesehatan tak melulu sesuai dengan kewilayahannya. Namun menyeluruh pada seluruh lapisan masyarakat.

 

"Pemerintah harus hadir. Maka Ruang Bersalin ini dibangun disini pertama untuk memberikan layanan pada masyarakat yang ada di Kamal Muara ini, tapi siapa saja bisa memanfaatkan karena di sini lokasinya perbatasan. Alhamdulillah ini tempatnya luar biasa bagus," ungkapnya.

 

Dia menghimbau, masyarakat turut menjaga dan merawat keamanan serta kebersihan Ruang Bersalin ini. Sehingga tercipta kenyamanan dalam pelayanan kesehatan.

 

"Ruang Bersalin ini hadir atas kebutuhan masyarakat. Tentunya ini sudah hadir dan selalu kita jaga bersama," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kasudin Kesehatan Jakarta Utara Muhamad Helmi menambahkan, Ruang Bersalin hadir sebagai pelengkap Puskesmas Kelurahan Kamal Muara. Sebab sebelumnya Puskesmas ini pun sudah memiliki pelayanan yang disebut Klinik Ibu dan Anak.

 

"Jadi soal persalinan tentunya nanti tidak usah terlalu jauh lagi. Cukup di puskesmas ini saja," terangnya.

 

Meski begitu, pihaknya tetap merujuk pasien jika persalinan membutuhkan tindak lanjut medis. Salah satu lokasi rujukan yakni Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng, Jakarta Barat.

 

"Tenaga medis yang disiapkan di sini ada bidan, dokter dan akan ditambah lagi perawat yang berasal dari rekrutan Puskesmas Kecamatan Penjaringan," tutupnya.

 

Peresmian tersebut ditandai pemotongan pita dengan dilanjutkan peninjauan ke dalam Ruang Bersalin dan ramah tamah. Turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Jakarta Utara Wawan Budi Rohman, Kasudin Kesehatan Jakarta Utara Muhamad Helmi, Pelaksana Tugas Direktur RSUD Cengkareng Bambang Suheri, Kepala Puskesmas Kecamatan Penjaringan Florida, Camat Penjaringan Mohammad Andri dan lurah se-kecamatan Penjaringan serta masyarakat sekitar.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111