Berita


12 Apr 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/AW 45

Ratusan Personel Gabungan Bersihkan Sampah di Pantai Tanjung Priok

KOMINFOTIK JU – Sebanyak 700 personel gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Kota menyisir pantai Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (12/4). Penyisiran dilakukan dengan mengangkut sampah dalam rangka Gerakan Indonesia Bersih 2019.

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto mengatakan, Gerakan Indonesia Bersih ini digelar dengan membersihkan sampah di lima sektor pantai. Dipilihnya lokasi ini mengingat Pelabuhan Tanjung Priok ini merupakan etalase Jakarta.

“Dimana setiap pendatang yang menggunakan akses laut melalui pelabuhan Tanjung Priok selalu melihat kondisi laut di sini,” kata Heru, saat ditemui di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (12/4).

Dijelaskannya, harus ada perubahan kultur masyarakat terhdap kepedulian sampah. Tidak lagi membuang sampah sembarang dan peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Pembersihan sampah ini, personel dibekali sejumlah kapal dan peralatan pengangkut sampah. Termasuk truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

“Kultur kita yang saat ini sering membuang sampah sembarangan, harus secara perlahan kita rubah dan kita ganti dengan bagaimana peduli pada sampah,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menerangkan, sampah yang kerap ditemukan di bibir pantai akibat terbawa arus ombak selama bertiup Angin Muson Barat. Meskipun sampah tersebut sudah dibendung pada sembilan muara dari 13 sungai yang ada di Jakarta Utara.

“Petugas juga tak pernah henti membersihkan sampah hasil bendungan di muara. Tetap saja di perairan ada sampah karena terbawa ombak,” terangnya.

Untuk itu, kegiatan ini dapat digunakan momentum masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah, terutama sampah plastik sekali pakai. Selain tidak terurai, pengangkutan sampah plastik di laut penuh resiko bagi petugas. Dibutuhkan tenaga dan keterampilan ektra, dengan dukungan peralatan yang harus memadai. Jika tidak, keselamatan petugas menjadi taruhannya.

“Kamarin sempat viral temuan sampah plastik mie instan edisi belasan tahun lalu. Ini benar adanya karena sampah plastik tidak terurai. Untuk itu, marilah kita kurangi sampah plastik sekali pakai ini. Ganti dengan wadah yang bisa dipakai berkali-kali,” tutupnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111