Berita


06 Feb 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/AW 21

Program Kampung Kota Bersama Ditarget Rampung Akhir Tahun

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Jakarta Utara turut menggandeng Institute Transportation and Development Policy (ITDP) dalam menjalankan program Kampung Kota Bersama, yang akan diterapkan pada 31 kelurahan. Program ini ditargetkan rampung akhir tahun 2019 mendatang.

Urban Planning Associate ITDP, Deliani Poetriayu Siregar mengatakan, terdapat tiga peran ITDP dalam menyukseskan program Kampung Kota Bersama, antara lain Knowledge Center (baca: pusat pengetahuan), Media Partner (baca: mitra media), dan mitra pendampingan kota.

Sedangkan fokus kegiatan yang akan dilakukan meliputi, pendampingan inisiasi perbaikan akses yang mendukung prioritas terhadap mobilitas pejalan kaki, pesepeda dan transportasi umum, pemberdayaan warga dalam penyusunan solusi permasalahan kampung, keterlibatan anak dan perempuan secara langsung, serta kolaborasi warga dan berbagai pihak lain.

“Kalau untuk tahun ini kurang lebihnya implementasi pada April dan target rampung November. Yang sudah kami kerjakan di RW 01 Kelurahan Sunter Jaya kemarin. Kenapa sampai November ? Karna ada pengurangan waktu seperti di bulan puasa kemudian lebaran dan kegiatan lainya biasanya itu menjelang akhir tahun,” kata Poetriayu, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (6/2/2019).

Pasca pengusulan lokasi, pihaknya akan melakukan survey (baca: peninjauan) ke lokasi pengusulan, sembari membuka pendaftaran relawan kampung. Setelah itu, maka akan dilakukan pertemuan relawan dengan memaparkan hasil survey yang telah dilakukan.

“Pasca penetapan lokasi dan pelatihan relawan, barulah proses pendampingan dilakukan untuk mewujudkan Kampung Kota Bersama serentak di 31 kelurahan. Minggu depan kita langsung masuk pada tahap pendaftaran relawan kampung,” jelasnya.

Wanita disapa Anggi menerangkan, program ini tentunya membutuhkan kolaborasi antara masyarakat dan Pemerintah Kota Jakarta Utara mulai dari jajaran Walikota, Unit Kerja Pelaksana Daerah (Suku Dinas) hingga Camat-Lurah. Bahkan, program ini tak menutup kemungkinan membuka peluang bergabungnya pihak ketiga (swasta) melalui Coorporate Social Responsibility (CSR).

“Seperti di RW 01 Sunter Jaya kemarin, kita juga mengajak CSR swasta bergabung karena ada program disebut adopsi kampung. Jadi ada identifikasi warga yang kemudian identifikasi dari rencana warga disusun dalam proposal,” paparnya.

Di ujung proses pembinaan, akan diadakan Festival Kampung dari seluruh peserta Kampung Kota Bersama di Jakarta Utara. Yang mana kegiatan itu sebagai ajang promosi kampung yang telah ditata sebelumnya dengan tema berbeda. Tema tersebut tentunya menjadi ciri khas masing-masing sesuai dengan karakteristik wilayah.

“Ini kaitannya dengan warga kampung berdaya, dalam arti berdaya itu juga kami bekali kemampuan teknis, misalnya untuk pemetaan atau pengenalan isu yang sebenarnya menjadi prioritas bagi mereka,” tutupnya.

Berikut usulan lokasi Kampung Kota Bersama enam Kecamatan Jakarta Utara :

1. Kecamatan Cilincing :
- RW 06 Kelurahan Cilincing
- RW 01 Kelurahan Kalibaru
- RW 07 Kelurahan Semper Timur
- RW 04 dan 016 Kelurahan Semper Barat
- RW 07 Kelurahan Marunda
- RW 01 Kelurahan Rorotan
- RW 06 Sukapura

2. Kecamatan Tanjung Priok :
- RW 02 Kelurahan Papanggo
- RW 05 Kelurahan Tanjung Priok
- RW 01 RT 024 Kelurahan Sunter Agung
- RW 01 Kelurahan Warakas
- RW 09 RT 008 Kelurahan Sungai Bambu
- RW 10 Kelurahan Kebun Bawang

3. Kecamatan Koja :
- RW 02 Kelurahan Tugu Selatan
- RW 01 dan RW 05 Kelurahan Tugu Utara
- RW 02 Kelurahan Rawa Badak Utara
- RW 02 dan RW 06 Kelurahan Rawa Badak Selatan
- RW 09 Kelurahan Koja
- RW 10 Kelurahan Lagoa

4. Kecamatan Kelapa Gading :
- RW 02 Kelurahan Pegangsaan Dua
- RW 06 Kelurahan Kelapa Gading Timur
- RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Barat

5. Kecamatan Pademangan :
- RW 04 Kelurahan Pademangan Timur
- RW 02 Kelurahan Pademangan Barat
- RW 01 Kelurahan Ancol

6. Kecamatan Penjaringan :
- RW 04 dan RW 05 Kelurahan Penjaringan
- RW 01 dan RW 04 Kelurahan Kamal Muara

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111