Berita


Pemkot Jakut gelar penyuluhan Saber Pungli

Kominfotik JU - Pemkot Jakut gelar penyuluhan Saber Pungli di Ruang Bahari Lantai 14 Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (10/10).

Pungutan Liar (Pungli) sudah terlalu lama terjadi, dan bisa dikatakan sudah menjadi budaya dalam sektor pelayanan di Indonesia. Tak ingin hal tersebut terus terjadi Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menggelar penyuluhan Sapu Bersama Pungutan Liar (Saber Pungli).

Hadir dua orang nara sumber dalam acara tersebut yakni Kabid Bimas Polda Metro Jaya AKBP Jajang dan petugas dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Ery Syarifah.

Kabid Bimas Polda Metro Jaya AKBP Jajang mengatakan sosialisasi ini harus terus dilakukan ke semua tempat. "Baik kantor pemerintahan ataupun kantor swasta," katanya.

Mengapa hal tersebut dilakukan, menurut Jajang karena kemungkinan pungutan liar terjadi itu bisa dimana saja. "Yang terpenting saat ini adalah melakukan pencegahan, seperti halnya sosialisasi ini yang dilakukan saat ini adalah bagian dari pencegahan yang dimaksudkan. Jangan sampai saudara saudara kita terjerat pungli baik disengaja ataupun tanpa disengaja karena ketidaktauannya," ucapnya.

Sementara Petugas Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Ery Syarifah menambahkan semangat pemberantasan pungli bukan terletak pada jumlah kerugian. "Melainkan pada penghilangan akar kebudayaan pungli itu sendiri," ucapnya.

Seperti diketahui, Pemkot Jakut pada tahun 2017 kemarin sudah melakukan sosialisasi di 17 lokasi pelayanan publik, diantaranya seperti Kantor Syahbandar Tanjung Priok, Kantor Bea Cukai Tanjung Priok, Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Kantor Samsat, Kelurahan Papanggo, Dinas Dukcapil, Perparkiran di PLTU Ancol. Untuk penindakan pada tahun 2017 ada 17 Kali penindakan. Dan untuk tahun 2018 ini sosialisasi sudah dilakukan pada 19 lokasi dengan penindakan sebanyak 93 kali.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111