Berita


Pemkot Jakut Sosialisasikan Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban

KOMINFOTIK JU – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara menggelar sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban di Ruang Bahari, Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (9/8). Sejumlah perlengkapan juga diberikan kepada panitia kurban perwakilan dari 50 masjid seperti terpal, sarung tangan, masker dan pengasah untuk proses pemotongan sapi.

Walikota Jakarta Utara, Syamsuddin Lologau menegaskan pelaksanaan kurban tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena waktunya bersamaan dengan perhelatan pesta olahraga internasional, Asian Games 2018. Atas dasar itulah, diperlukan penjelasan lebih lanjut terkait lokasi steril yang berdekatan dengan venue.

"Harus diberikan informasi yang jelas kepada masyarakat agar tidak ada yang melakukan aktivitas pemotongan hewan kurban di titik lokasi yang dianggap steril," himbau Syamsuddin dihadapan puluhan pengurus masjid.

Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat memperhatikan beberapa aspek diantaranya aspek kesejahteraan hewan hidup hingga pelaksanaan penyembelihan, aspek higienitas dalam penanganan daging kurban hingga kebersihan agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Sementara itu, Kasudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala mengatakan, berbagai informasi terkait tata cara pemotongan hewan kurban dan lokasi mana saja yang diperbolehkan untuk melakukan proses pemotongan hewan kurban akan disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya. "Mereka membutuhkan informasi tersebut agar dalam pelaksanaannya nanti sesuai dengan ketentuan yang ada," ujarnya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111