Berita


Pemkot Jakut Gandeng BPOM DKI Sidak Bahan Makanan

KOMINFOTIK JU – Jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara bersama BPOM DKI Jakarta dan unit terkait lainnya melakukan sidak pengawasan bahan makanan di Lotte Mart Kelapa Gading, Selasa (13/6). Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang hendak membeli sejumlah kebutuhan pokoknya selama bulan suci ramadhan. Sidak kali ini, ditemukan sejumlah bahan makanan yang kadaluarsa izin edar dan kemasannya.

"Masyarakat harus lebih waspada dan teliti dalam membeli berbagai produk makanan dan minuman kemasan di supermarket. Dengan habisnya masa izin edar dan kemasan suatu produk dalam jangka waktu tertentu maka makanan itu tidak terdaftar lagi sehingga pihak produsen harus mengurus izin perpanjangan untuk mengganti kemasan," jelas Wahyu Haryadi, Walikota Jakarta Utara ketika menghancurkan makanan-makanan yang sudah tidak terdaftar lagi izinnya di Indonesia.

Ia menghimbau kepada manajemen supermarket untuk rutin mengecek izin edar dan kemasan suatu produk makanan ataupun minuman. "Apabila menerima barang-barang dari suplier harus lebih teliti lagi. Bukan hanya kandungan dari bahan makanan itu saja melainkan izinnya apakah sudah kadaluarsa atau belum. Saya pastikan makanan yang dijual disini relatif aman untuk dikonsumsi masyarakat," pesan Walikota.

Saat mengecek bahan pangan, petugas BPOM mengambil 56 sample seperti kerupuk, tahu, mutiara dan sebagainya untuk diteliti langsung apakah mengandung boraks, rodamin ataupun zat berbahaya lainnya. Tak hanya itu saja, sidak yang melibatkan sejumlah unit terkait seperti Sudin KPKP Jakut juga berpartisipasi mengambil sample daging sapi, ayam, seafood sayuran dan buah-buahan untuk diteliti secara langsung di Mobil Laboratorium. Alhasil, dari sample yang diambil di Lotte Mart Kelapa Gading dinyatakan relatif aman dari bahan-bahan kimia.

"Untuk produk-produk yang masa izin edarnya sudah habis silahkan segera urus izin perpanjangannya. Kita minta kepada pelaku usaha untuk sampaikan ke distributor supaya segera diganti kemasannya. Tadi kita sudah turunkan makanan itu dari display, ini bukan kesalahan dari retail. Masyarakat juga harus cerdas dalam memilih makanan yang akan dibeli," tegas Dewi Prawitasari, Kepala BPOM DKI Jakarta.

Usai melakukan sidak di retail, pihaknya akan kembali melakukan pengawasan ke sentra produsen. "Sebelum membeli produk harus terlebih dahulu mengecek kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluarsanya. Tadi ditemukan ada tepung beras putih, mie telor, biskuit yang masa izinnya sudah habis sehingga harus ditarik dari pasaran," ungkap Dewi.

 

Sosial Media

Facebook twitter youtube

Kontak

Kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111