Berita


15 Feb 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/AW 2

Pemkot Jakarta Utara Survei Rencana Rehab Akses Disabilitas di Gedung Walikota

KOMINFOTIK JU – Pemerintah Kota Jakarta memantapkan rencana rehabilitasi akses disabilitas di gedung walikota dan sekitarnya. Saat ini, rencana tersebut sudah memasuki tahap survei lapangan dengan mengikutsertakan anggota Komunitas Disabilitas Jakarta Utara, April Kaisar.

Survei dimulai dari penggunaan akses lift dan toilet. April menceritakan detail apa yang dibutuhkan disabilitas sembari petugas mencatatnya. Kebutuhan ini di antaranya ketersediaan karpet pada setiap pintu, guiding block hingga tiang penyangga kloset. Pispot toilet pria pun harus dipasang lebih rendah dibandingkan ukuran pada umumnya. Hal ini guna memudahkan disabilitas pengguna kursi roda.

Survei berlanjut ke lobi utama gedung Walikota Jakarta Utara. Guiding block akan dipasang dari lobi menuju meja resepsionis dan lift. Termasuk pemasangan pada tangga lobi hingga trotoar gerbang masuk dan keluar gedung. Akses jembatan penyeberangan orang (JPO) tak jauh dari gedung walikota pun turut masuk dalam perencanaan ini.

“Yang utama itu pemasangan guiding block. Itu sebagai akses kami para disabilitas untuk bisa lokasi yang dituju,” kata April, saat ditemui di kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (15/2).

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara, Suroto menerangkan, rencana rehabilitasi gedung Walikota merujuk pada keluh kesah disabilitas. Mereka kerap kesulitan menuju kantor pemerintahan lantaran minimnya akses mandiri.

“Tujuan kami agar mereka lebih mandiri saat menuju dan berada di kantor pemerintahan,” terangnya.

Sebagai pilot project, dijelaskannya rehabilitasi berada di kantor Walikota. Namun kedepannya, akses disabilitas ini akan merambah ke sejumlah kantor pemerintahan lainnya seperti kelurahan dan kecamatan.

“Rencana ini masih kita mantapkan lagi. Meminta masukan dari disabilitas langsung agar bisa benar-benar dirasakan manfaatnya bagi seluruh kategori disabilitas, termasuk penggunaan kursi roda,” tutupnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111