Berita


12 Feb 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/AW 7

Pemkot Jakarta Utara Mediasi Permohonan Pembentukan PPPSRS di Apartemen Ancol Mension  

KOMINFOTIK JU – Pemerintah Kota Jakarta Utara memediasi permohonan pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) di Apartemen Ancol Mension. Hal tersebut mengacu pada Peraturan Gubernur 132 Tahun 2018 Tentang Pembinaan Rumah Susun (Rusun) di DKI Jakarta.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara, Suroto mengatakan, Pemerintah Kota hanya sebagai mediator dalam pembentukan PPPSRS. Sebab, leading sector (baca: sektor pemimpin) pembentukan PPPSRS berada pada Dinas Perumahan DKI Jakarta.

“Dalam Pergub itu Pemkot hanya sebatas memediasi saja, karena leading sector ada di Dinas Perumahan. Ketika ada hal semacam ini, Pemkot membentuk tim yang bertugas memediasi,” jelasnya.

Masih mengacu pada Pergub 132 Tahun 2018, dijelaskannya pembentukan PPPSRS menjadi kewajiban pelaku pembangunan. Untuk tahap awal, disarankannya agar pelaku pembangunan menggelar sosialisasi kepada penghuni atau pemilik unit rusun. Memberikan informasi mengenai rencana pembentukan PPPSRS.

“Setelah itu, barulah membentuk panitia musyawarah. Nanti mereka yang bekerja siapa yang akan menjadi pengurus sesuai dengan syarat-syarat PPPSRS, seperti hasil harus memenuhi forum 50 plus 1, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dia menegaskan, Pemkot Jakarta Utara akan terus mendesak pelaku pembangunan jika tak juga menyosialisasi PPPSRS kepada penghuni atau penghuni. Begitu pun Dinas Perumahan DKI Jakarta yang akan mengundang pelaku pembangunan untuk segera menyosialisasi dalam waktu dua pekan kedepan.

“Kalau tidak segera ditindaklanjuti, tim dari Walikota akan mempertegas undangan itu untuk mendesak pelaku pembangunan melaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku,” tutupnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111