Berita


Pelayanan Dokumen Penangkap Ikan Skala Kecil Bidik 1.060 Kapal Nelayan

KOMINFOTIK JU - Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Darjamuni menghimbau para nelayan di pesisir utara Jakarta untuk segera mengurus dokumen kapal penangkap ikan skala kecil. Melalui sistem perizinan yang terintegrasi dengan 3 unit maka akan mempermudah nelayan mendapatkan dokumen yang dibutuhkan untuk melaut.

"Pelayanan kepengurusan dokumen penangkap ikan skala kecil akan dilakukan dengan sistem jemput bola. Secara bergantian, petugas akan membuka gerai di sejumlah titik seperti di Marunda, Cilincing, Kamal Muara, Kali Adem dan sebagainya. Lebih mengecek kapalnya, nelayan mengurus kelengkapan persyaratannya dan kami akan melayani," jelas Darjamuni ketika menghadiri launching pelayanan dokumen kapal penangkap ikan skala kecil dan perizinan terintegrasi (3 in 1) di Ruang Rapat Bersama Lantai 11, Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (4/8).

Dengan dibukanya gerai skala kecil secara bergantian di sejumlah titik akan mendekatkan pelayanan ke para nelayan. "Kita akan jemput bola yang penting bapak dan ibu sadar akan tertib administrasi untuk segera mengurus dokumennya sesuai dengan batas waktunya. Kita urus secara gratis, jika ada yang meminta bayaran silahkan laporkan maka akan ditindak tegas," ungkapnya.

Dalam acara launching tersebut dilakukan penyerahan dokumen kapal penangkap ikan skala kecil secara simbolis dari Kadis KPKP DKI Jakarta yang didampingi Kasudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala dan Kepala Unit Pelaksana PM PTSP, Lamhot Tambunan kepada perwakilan nelayan Jakarta Utara.

"Target pelayanan ini mencapai 1.060 kapal bahkan bisa lebih. Semua harus punya dokumen, petugas akan mengukur kemudian meneliti berkas administrasi yang diajukan untuk diproses lebih lanjut. Dulu, bisa berbulan-bulan tapi sekarang hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 minggu dan dokumen itu akan diterbitkan melalui PTSP," ujar Rita.

Ia mengatakan, Sudin KPKP Jakarta Utara hanya sebagian dari sistem pelayanan itu. "Kami mencoba mengkordinasikan dengan 3 institusi yang terlibat dalam penerbitan dokumen yaitu Kantor Pelayanan Pajak dan PTSP. Saya ingin pelayanan ini tetap berlangsung karena membantu para nelayan untuk mempercepat kepengurusan dokumen kapal penangkap ikan skala kecil," harapnya.

Sosial Media

Facebook twitter youtube

Kontak

Kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111