Berita


24 May 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  KOMINFOTIK JU/AW 163

Pelajar Disabilitas Unjuk Gigi di Mall Pluit Junction

KOMINFOTIK JU - Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar Festival Inklusi dan Karya Pelajar di Mall Pluit Junction, Penjaringan, Jakarta Utara. Acara yang digelar pada Jumat (24/5) dan Sabtu (25/5) ini sebagai sarana ekspresi diri bagi pelajar berkebutuhan khusus (disabilitas).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi acara yang diinisiasi Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara, baik wilayah 1 dan 2 tersebut. Acara tersebut berdampak positif terhadap rasa kepercayaan diri pelajar disabilitas dalam menunjukkan bakat dan prestasinya pada berbagai bidang pendidikan, khususnya seni.

"Ini event perdana dan Pemerintah Kota Jakarta Utara berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun. Kalau bisa setahun dua kali," kata Ali, saat ditemui di Mall Pluit Junction, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (25/5).

Ditegaskannya, acara tersebut sejalan dengan visi-misi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terhadap kesetaraan disabilitas. Memperoleh hak yang sama termasuk dalam bidang pendidikan. Sehingga orang tua pelajar disabilitas tidak perlu lagi khawatir terhadap pendidikan anak.

"Pak Gubernur sudah memberikan arahan kepada kita bahwa semua anak, anak-anak usia sekolah di Jakarta harus mendapat pendidikan. Tidak memandang bulu anak berkebutuhan khusus atau tidak, semuanya wajib,” tegasnya.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Utara Budi Sulistiono menerangkan, kegiatan ini merupakan upaya memberikan kesempatan kepada pelajar disabilitas unjuk gigi terhadap bakat yang dimilikinya. Sehingga potensi bakat yang dimiliki pelajar disabilitas mampu disalurkan melalui adanya acara ini.

“Mereka membuat bangga orangtuanya bahwa anak-anaknya, semuanya punya potensi, anak-anaknya bisa punya kemampuan," terangnya.

Sementara, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara Momon Sulaiman menerangkan, sekolah yang terlibat dalam acara tersebut di antaranya Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 4 Jakarta, SLBN Sunter, SLBN 8 Jakarta, SLBN Sunter Agung, SLB Mawar Putih, SLB Sejahtera.

Ada pula penampilan ciamik dari pelajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Termasuk pameran hasil karya sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dari enam kecamatan di Jakarta Utara.

“Ke depan akan kita agendakan lanjutan terkait dengan bagaimana memberikan kesempatan pada anak SLB ini bisa tampil ke publik seperti di Mall Pluit Junction ini," tutupnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111