Berita


24 May 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU/AW 34

PTSP Kecamatan Pademangan Luncurkan Program Percepatan Penertiban Izin TDUP Restoran

KOMINFOTIK JU – Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Pademangan berinovasi dalam peningkatan pelayanan. Meluncurkan program percepatan penertiban izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) bidang jasa makanan dan minuman.

Kepala PTSP Kecamatan Pademangan, Ahmad Syarif Fajri mengatakan, percepatan penerbitan TDUP ini merupakan inovasi dalam meningkatkan pelayanan perizinan pada usaha pariwisata, khususnya jenis usaha restoran. Percepatan dilakukan dengan mensimultan dan mensinergikan sejumlah instansi terkait sesuai tugas, pokok dan fungsinya masing-masing.

"Sehingga nantinya pemohon izin TDUP tidak lagi saling tunggu untuk mendapatkan berbagai izin sebelumnya. Program ini tentunya dapat mempersingkat waktu perizinan yang tadinya 60 hari menjadi sekitar dua puluh hari,” kata Syarif, saat ditemui usai peluncuran program di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (22/5).

Selain bermanfaat bagi masyarakat, dijelaskannya inovasi ini juga merupakan rangkaian tugasnya dalam mengimplementasikan proyek perubahan Diklatpim III di DPMPTSP Provinsi DKI atas arahan pembimbing Dr.Susy Setiawaty dan mentor Kepala Dinas DPMPTSP Provinsi DKI Denny wahyu Haryanto. Mewadahi seluruh instansi yang terlibat dalam perizinan TDUP, seperti Dinas Pariwisata dan Kebuayaan serta Dinas Kesehatan, sehingga terjalin komunikasi yang dapat mempercepat pengerjaan.

“Jadi program ini, kami menggabungkan instansi terkait dalam satu grup sehingga jika ada permohonan bisa langsung dikerjakan, mulai dari survey hinnga memberikan rekomendasi pengeluaran izin,” jelasnya.

Seorang pengusaha restoran, Tanzil Arifin mengaku sangat terbantu dengan adanya program percepatan penerbitan TDUP. Hal ini menghilangkan paradigma pengusaha yang kerap merasa kesulitan dalam permohonan izin TDUP.

“Tadinya kan mengurus izin ini bisa dibilang ribet. Harus ke sana dan kemari untuk mendapatkan izin. Tapi sekarang hanya datang ke PTSP saja dan menunggu proses permohonan izin dikerjakan hingga diterbitkan,” tutupnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111