Berita


26 Mar 2018
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU 23

PKK Kelurahan Ancol Kelola Limbah Koran

KOMINFOTIK JU - Limbah koran yang dikelola oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Ancol menjadi produk unggulan bernilai tinggi. Bahkan hasil kerajinan limbah koran dengan merk Ancol Kreatif itu sebagai kandidat utama penilaian produk kelompok UP2K PKK yang masuk dalam rangkaian lomba 10 Program Pokok PKK tingkat kota administrasi Jakarta Utara.

"Hasil kerajinan yang dibuat ibu-ibu harus terus dikembangkan biar semakin menarik. Apa yang telah ibu-ibu hasilkan ini bisa menambah pendapatan keluarga," ujar Yeti Hernawati, Ketua TP PKK Jakarta Utara saat mengunjungi Kantor Lurah Ancol yang menjadi perwakilan lomba UP2K PKK dari Kecamatan Pademangan, Senin (26/3).

Saat meninjau hasil kerajinan ibu-ibu PKK Kelurahan Ancol, ia bersama Wakil Ketua II TP PKK Jakarta Utara, Siti Nurlaila mencoba untuk ikut membuat kerajinan limbah koran dengan langkal awal yaitu melipat koran dengan menggunakan lidi. "Butuh kesabaran dan ketekunan membuat ini. Tapi kalau sudah liat produknya dan diminati pembeli maka akan ada rasa kepuasan dan lebih semangat lagi untuk berkreasi," tutur Yeti.

Kendala yang dihadapi para pengrajin diantaranya permasalahan permodalan dan perluasan pemasaran. "Dengan hambatan itulah kita bertambah pintar dan terus berfikir mengenai bagaimana hambatan ini bisa diatasi. Perlu kerjasama dengan semua pihak agar produk dari limbah koran ini laku terjual dan dikenal masyarakat luas," himbaunya.

Sedangkan Ketua TP PKK Kelurahan Ancol, Utami Palupi mengatakan, ada 7 kelompok UP2K yang tersebar di 5 RW. "Selain pembuatan kue, hasil kerajinan dari limbah koran ini yang menjadi produk unggulan dari Kelurahan Ancol. Sudah banyak yang pesan seperti tempat tisu, lampu dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau," terangnya.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111