Berita


Musrenbang Kelurahan Tugu Selatan Bahas 133 Usulan Warga

KOMINFOTIK JU - Sebanyak 133 usulan warga dengan nilai anggaran mencapai Rp 19 Milyar diajukan dalam kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Tugu Selatan. Usulan tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang dihimpun mulai dari Rembuk RW, Pra Musrenbang dan Musrenbang tingkat Kelurahan Tugu Selatan.

"Usulan yang diajukan warga Tugu Selatan lebih dominan dalam peningkatan jalan dan pembenahan saluran air. Kalau ada hal-hal yang sekiranya bisa dilakukan secara swadaya masyarakat silahkan saja," ungkap Junaedi, Wakil Walikota Jakarta Utara saat membuka kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan di Aula Kantor Lurah Tugu Selatan, Kamis (1/2).

Usulan yang berasal dari permasalahan warga ini akan masuk tahap verifikasi dan validasi kemudian bisa menjadi usulan prioritas dan diajukan kembali dalam Musrenbang tingkat kecamatan, kota hingga provinsi.

"Usulan yang tahun lalu tidak di akomodir kembali diajukan masyarakat di tahun ini. Dengan harapan bisa terealisasi di tahun 2019. Oleh karena itu, swadaya masyarakat juga sangat diharapkan," ucap Junaedi dihadapan puluhan peserta Musrenbang tingkat Kelurahan Tugu Selatan.

Di kesempatan itu pula, Camat Koja, Yusuf Madjid menegaskan, satu pintu untuk mengajukan usulan yaitu melalui kegiatan Musrenbang. "Seluruh warga agar memahami seperti apa proses dn kondisinya mewujudkan usulan menjadi bentuk nyata di lingkungan masyarakat. Jangan terlalu jauh menoleh ke belakang. Kita mulai dari hari ini usulkan dan perjuangkan serta berharap semua usulan warga bisa masuk dalam skala prioritas," ujarnya.

Sedangkan wilayah Kelurahan Tugu Selatan terdiri dari 95 RT dan 7 RW. "Setelah Musrenbang, saya harapkan dari unit teknis bisa menindak lanjuti usulan warga dan mensurvei langsung sehingga menjadi usulan prioritas yang bisa direalisasikan tahun 2019," jelas Tulus Silalahi, Lurah Tugu Selatan.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111