Berita


Kunjungi Pemkot Jakut, DPRD Kota Serang Tertarik Program Pendampingan Pembangunan DKI

KOMINFOTIK JU – Pemerintah Kota Jakarta Utara menerima kunjungan anggota Komisi I dan III Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Serang di Ruang VIP, Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (18/1/2019). Pertemuan itu membahas soal program pendampingan pembangunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang selama ini telah diterapkan Pemerintah Kota Jakarta Utara.

 

Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Utara, Abdul Khalit mengatakan, perwakilan anggota dewan itu ingin mengetahui penerapan program pendampingan pembangunan dari tingkat terbawah Rukun Warga (RW), kelurahan dan kecamatan. Program pendampingan tersebut telah terbukti dapat mengakselarisasikan visi-misi Gubernur DKI Jakarta dengan kebutuhan masyarakat.

 

“Mereka tertarik bahwa pada perencanaan kita kali ini, Gubernur telah melibatkan pendamping. Penguatan sampai ke rembuk RW,” kata Khalit, saat ditemui di Ruang VIP, Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (18/1/2019).

 

Dia mejelaskan, kunci terlaksananya akselerasi program yakni dilakukan pendampingan saat rembuk RW. Sehingga rencana pembangunan yang dibutuhkan warga singkron dengan program yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 

“Nah ini yang menarik. Mungkin program pendamping inilah yang nantinya anggota DPRD ini terapkan hal yang sama,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Kota Serang Uhen Zuhaeni menerangkan, pihaknya banyak belajar dari Pemerintah Kota Jakarta Utara terkait terobosan program dan anggaran pendampingan pembangunan DKI Jakarta. Program tersebut sampai saat ini belum diterapkan di Kota Serang, Banten.

 

“Kota Serang tertarik untuk melihat soal akselerasi penyelenggaraan pembangunan pada tingkat bawah. Karena kan kota Serang berbeda soal penganggaran dan pendelegasian pemerintahan. Itu yang kita pelajari,” paparnya.

 

Usai kunjungan kali ini, pihaknya akan menyampaikan kepada jajaran Wali Kota Serang untuk merekomendasikan program tersebut. Bukan soal anggaran, namun lebih kepada penyusunan program ini secara transparan.

 

“Program ini terbalik dari paradigma sebelumnya. Kalau sebelumnya menerapkan top to down, tapi ini dibalik jadi down to top. Artinya dari masyarakat bisa menyampaikan aspirasi lewat forum RW dengan adanya pendampingan,” tutupnya.

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111