• Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok
  • 021-4303111
  • kominfoutara@jakarta.go.id / kominfoutara@gmail.com
Selamat datang di website Resmi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara                                                                                                                              Hotline siaga banjir PKPU di 021-70607578 dan BB 27606F15                                                                                                                              Posko Layanan Penerangan Jalan Umum(PJU) di 021-4308871 dan 0811-123-1502 (SMS/WA)                                                                                                                              

ASEAN
Games 2018
+

Berita


Jakut Berhasil Tangani Kasus Gizi Buruk

KOMINFOTIK JU - Penanganan masalah gizi merupakan upaya lintas sektor untuk mengatasi penyebab langsung, tidak langsung dan akar masalah melalui upaya intervensi spesifik dan sensitif. Begitu juga dengan upaya perbaikan status gizi terhadap 194 balita kurus sekali di Jakarta Utara yang gencar dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan berhasil diturunkannya angka gizi buruk dari 194 menjadi 34 balita.

Sebesar 82,5% dari 194 balita kurus sekali yang ditemukan sudah mendapatkan perawatan inap (TFC/Therapeutic Feeding Centre) dan rawat jalan (CFC/Community Feeding Centre) sampai dengan akhir Desember 2017. Alhasil, 160 balita sudah mengalami peningkatan gizi, sisanya yang 34 balita masih menjalani pemulihan.

Walikota Jakarta Utara, Husein Murad terus mengajak semua lintas sektor untuk ikut peduli melakukan terobosan dalam penanganan kasus gizi buruk. "Jakarta Utara sudah berhasil menurunkan angka gizi buruk. Sampai dengan akhir Desember 2017, 194 balita sudah mengalami perbaikan status gizi dan tersisa 34 balita yang harus segera ditangani," ungkapnya saat memberikan arahan terkait penanganan gizi di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (5/2).

Ia menegaskan, masalah gizi tidak hanya terfokus pada kesehatan saja melainkan masalah lainnya seperti lingkungan dan perilaku. "Hari ini semuanya harus cepat bergerak. Saya sudah kasih arahan ke petugas gizi dan sektor terkait bagaimana menyelesaikan perbaikan gizi terhadap 34 balita tersebut. Edukasi kepada orangtua juga diperlukan karena permasalahan gizi anak juga membutuhkan dukungan dari semua pihak," terang Husein.

Sedangkan 34 balita kurus sekali di Jakarta Utara terus mendapatkan penanganan dari petugas terkait. Pemberian makanan tambahan, vitamin, pengobatan dan sebagainya terus dilakukan. "Butuh waktu sekitar 3 bulan untuk melakukan perbaikan status gizi dari 34 balita harus diperjuangkan sampau tuntas. Pastikan semua mekanisme berjalan dengan baik. Monitor perkembangan balita jika timbangannya berkurang segera intervensi," jelasnya.

Sementara itu, Kasudin Kesehatan Jakarta Utara, M.Helmi menerangkan, asupan pangan gizi yang kurang dan masalah kesehatan mengakibatkan adanya status gizi. "Harus ada intervensi gizi spesifik dan sensitif. Peranan dari semua lintas sektor sangat dibutuhkan dalam penanganan gizi anak," harapnya.

Sosial Media

Facebook twitter youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
      kominfoutara@gmail.com
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111