Berita


16 Jan 2019
Berita Resmi Pemkot Jakarta Utara
  Kominfotik JU 8

Hadiri Rembuk RW, Wakil Walikota Jakut Pastikan Input Rencana Pembangunan Tepat

KOMINFOTIK JU - Masyarakat Jakarta Utara tengah berkonsentrasi rembuk warga terkait proses musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk tahun 2020 mendatang. Saat ini, proses tersebut tengah bergulir pada tingkat Rukun Warga di setiap kelurahan.

 

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, rembuk tingkat RW bergulir selama Januari 2019. Menampung segala usulan rencana pembangunan dari tingkat masyarakat terendah.

 

"Periode ini (rembuk RW) berjalan selama periode satu bulan. Akhir Januari selesai. Lalu selanjutnya usulan dibahas di tingkat kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota," ungkap Ali, saat ditemui usai menghadiri rembuk RW 09 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Selasa (15/1/2019).

 

Dia juga memastikan agar proses penginputan usulan tersebut tepat sesuai ketentuan. Tidak terjadi kesalahan penginputan data. Serta tidak mengusulkan rencana pembangunan yang tidak perlu dianggarkan dan tidak bisa dianggarkan.

 

"Misalnya jika mengusulkan perbaikan pada lahan, seperti jalan atau taman yang masih punya pengembang alias belum diserahkan ke Pemerintah Provinsi DKI. Itu belum belum bisa direalisasi. Jadi seharusnya kita selesaikan dulu lahannya dengan meminta pengembang menyerahkannya agar bisa masuk ke aset DKI," paparnya.

 

Sementara itu, Ketua RW 09 Kelurahan Sunter Jaya Marbawi memberikan tips kepada pengurus RW lain jika ingin rencana pembangunan terealisasi. Yakni tidak sekadar menunggu hasil Musrenbang, namun juga pro aktif berkomunikasi dengan Suku Dinas atau Dinas terkait.

 

"Alhamdulillah, pada periode kepengurusan sayaa sejak 2015 lalu banyak rencana pembangunan terealisasi. Padahal kepengurusan sebelumnya tidak pernah terealisasi. Ini berkat rajinnya komunikasi dengan Suku Dinas maupun Dinas terkait. Kita harus pro aktif agar rencana pembangunan banyak terealisasi," tutupnya.

 

Diketahui, lingkungan RW 09 Kelurahan Sunter Jaya telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Antara lain menjadi juara tiga Taman Hati Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat provinsi dan mendapatkan penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyied Baswedan terkait pemeliharaan Kambtibmas.

Bagikan
Cetak
Cetak

Sosial Media

Facebook twitter instargam youtube

Kontak

kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111