• Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok
  • 021-4303111
  • kominfoutara@jakarta.go.id / kominfoutara@gmail.com
Selamat datang di website Resmi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara                                                                                                                              Hotline siaga banjir PKPU di 021-70607578 dan BB 27606F15                                                                                                                              Posko Layanan Penerangan Jalan Umum(PJU) di 021-4308871 dan 0811-123-1502 (SMS/WA)                                                                                                                              

ASEAN
Games 2018
+

Berita


Goresan Mural Akan Hiasi Kawasan Marunda

KOMINFOTIK JU - Sepanjang 1.000 meter pagar tembok di Jalan Bidara dan Jalan Marunda Makmur menuju Rusunawa Marunda menjadi kanvas bagi pelukis mural. Lurah Marunda, Hilda Damayanti memberikan ruang aktivitas bagi generasi muda yang memiliki bakat melukis mural.

Hal itu dilakukannya untuk mengurangi perbuatan vandalisme di kalangan anak muda khususnya di wilayah Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing. Bersama unsur terkait seperti jajaran 3 pilar, aparat RT/RW, LMK, FKDM, stakeholder dan warga Marunda. Ia menuangkan ide kreatifnya untuk mengadakan perlombaan mural yang pesertanya berasal dari anak-anak muda perwakilan dari RT/RW se Kelurahan Marunda.

"Sinergi telah terjalin dan mereka sangat mendukung kegiatan perlombaan mural ini. Bahkan stakeholder mengizinkan temboknya untuk dilukis dan juga mensupport hadiahnya. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak termasuk Pak Purnomo selaku Camat Cilincing yang telah mendukung penuh perlombaan mural bagi anak-anak muda di Kelurahan Marunda," ungkap Hilda saat melaunching perlombaan mural di Kantor Lurah Marunda, Minggu (16/7).

Untuk memotivasi 30 peserta, sejumlah hadiah telah dipersiapkan seperti uang tunai Rp 1,5 Juta bagi Juara I. Sedangkan Juara II akan diberikan Rp 1 Juta dan Juara III mendapatkan Rp 500 ribu. "Minggu depan tepatnya pada 22 Juli mendatang akan diumumkan siapa yang menjadi juaranya," terangnya.

Dengan tegas, ia mengaku sangat menentang perbuatan vandalisme. "Corat coret di sembarang tempat dengan tulisan-tulisan yang tidak pantas sehingga membuatnya terlihat kotor dan tidak mendidik. Saya prihatin melihat hal itu, mereka memiliki bakat melukis tapi tidak disalurkan dengan tepat maka dari itu saya bersama unsur lainnya memberikan wadah untuk berkreasi di bidang mural," jelasnya.

Ia mengharapkan, ruang yang disediakan untuk melukis mural dapat mengurangi perbuatan vandalisme di wilayah Kelurahan Marunda. "Mural sangat disukai generasi. Ide-ide kreatifnya dituangkan dalam lukisan yang penuh warna dengan berbagai karakter. Lukisannya boleh bertemakan pendidikan, sosial, pemandangan dan sebagainya sehingga tidak keluar jalur," tutur Lurah Marunda.

Pagar tembok sepanjang 1.000 meter akan dipercantik beragam goresan mural dengan aneka tema yang mendidik. Pengguna kendaraan yang melintas di jalan tersebut juga akan terhibur dengan warna warni mural hasil kreasi anak-anak muda di Kelurahan Marunda. "Ini juga termasuk penataan lingkungan karena merubah kawasan menjadi rapi dan indah," tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta perempuan dalam lomba mural tingkat Kelurahan Marunda yang bernama Widyastuti (16), warga RW 02 Marunda terlihat begitu antusias menggoreskan kuas dan cat di pagar tembok. Ia mengaku lebih mengarah kepada lukisan 3 dimensi.

"Dari kecil saya suka melukis, ditembok kamar saya juga banyak lukisan mural. Saya suka lukisan 3 dimensi karena berbeda dan kalau dari kejauhan bisa seperti bergerak. Lomba mural ini sebagai ajang untuk menunjukan bakat melukis. Saya ucapkan terima kasih kepada bu lurah dan jajarannya yang telah memfasilitasi semua ini," ujar Widyastuti.

Sosial Media

Facebook twitter youtube

Kontak

Kominfoutara@jakarta.go.id
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111