• Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok
  • 021-4303111
  • kominfoutara@jakarta.go.id / kominfoutara@gmail.com
Selamat datang di website Resmi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara                                                                                                                              Hotline siaga banjir PKPU di 021-70607578 dan BB 27606F15                                                                                                                              Posko Layanan Penerangan Jalan Umum(PJU) di 021-4308871 dan 0811-123-1502 (SMS/WA)                                                                                                                              

ASEAN
Games 2018
+

Berita


Cegah Gizi Buruk, Pemkot Jakut Gandeng Semua Unsur

KOMINFOTIK JU - Untuk menangani permasalahan gizi buruk di wilayah Jakarta Utara. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara bersama stakeholder dan komponen masyarakat berkomitmen untuk peduli terhadap penanganan gizi buruk.

"Penanganan gizi buruk adalah kepedulian semua. Kita punya kader-kader di masyarakat yang menjadi mata dan telinga pemerintah sehingga masyarakat terlayani dengan baik terutama masalah gizinya," jelas Husein Murad, Walikota Jakarta Utara dalam program siaran pembangunan Pro 1 RRI FM 91,2 Mhz, Selasa (10/10).

Kendati tidak bisa hadir langsung dalam acara ngopi bareng warga yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik dengan Radio Republik Indonesia di Aula Kantor Camat Cilincing. Namun, Walikota meluangkan waktunya untuk berdialog melalui sambungan telefon yang disiarkan langsung di radio RRI FM 91,2 Mhz.

Topik yang dibahas dalam ngopi bareng warga ini adalah solusi penanganan gizi buruk bagi balita di Cilincing, Jakarta Utara. Acara ini dihadiri oleh perwakilan anggota DPRD DKI Jakarta, Asisten Administrasi & Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Kasudin Kesehatan, M.Helmi, Camat Cilincing, Purnomo, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, drg. Leni, Kabag Kesra, Siti Sumiyati dan unsur terkait lainnya.

"Setiap 10 rumah ada kader PKK sedangkan pemerintah yang terdekat dengan lingkungan masyarakat adalah Lurah, Camat dan Puskesmas semuanya harus saling membantu untuk mencegah terjadinya gizi buruk. Kita semua mempunyai kepedulian terhadap masyarakat terutama masalah kebutuhan gizi anak-anak," terang Husein.

Sedangkan langkah nyata dari jajaran Kecamatan Cilincing terhadap penanganan gizi buruk adalah menggagas Gerakan Peduli Sesama (GPS). "Jangan sampai ada warga Kecamatan Cilincing yang belum terdata kepesertaan BPJS. Kalau anak sakit segera berobat di Puskesmas dan kunjungi Posyandu secara rutin agar termonitor oleh petugas kesehatan karena pemenuhan gizi anak harus diperhatikan sedini mungkin," tegas Purnomo, Camat Cilincing.

Terkait dengan permasalahan gizi buruk ada 3 kategori penyebabnya yaitu penyakit bawaan dari lahir, tidak pernah mengecek kesehatan secara rutin di Posyandu atau Puskesmas dan merupakan warga pindahan dari daerah. "Jika ada kasus gizi buruk maka harus dilakukan penanganan secara simultan seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pemulihan. Ada juga anak yang kekurangan gizi dari penyakit yang dideritanya," ujar M.Helmi, Kasudin Kesehatan Jakarta Utara.

Sosial Media

Facebook twitter youtube

Kontak

Kominfoutara@jakarta.go.id
      Kominfo@gmail.com
021-43933443

Alamat Walikota Jakarta Utara

Jl. Laksda Yos Sudarso 27-29 Tanjung Priok,
Jakarta Utara

Telp. 021-4303111